Desy Ratnasari Minta Herry Wirawan Dihukum Setimpal dengan Perbuatannya

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 28 Jan 2022 15:46 WIB
Desy Ratnasari
Foto: Desy Ratnasari (Whisnu Pradana/detikcom).
Bandung Barat -

Herry Wirawan pelaku pemerkosaan 13 santriwati dituntut hukuman mati. Anggota Komisi X DPR RI Desy Ratnasari berharap hukuman yang dijatuhkan kepada Herry Wirawan setimpal dengan perbuatannya.

"Soal tuntutan itu tentu hakim dan jaksa yang tahu dan lebih paham. Ini patut atau tidak dan sesuai dengan perbuatannya atau tidak. Intinya kami serahkan pada mereka," ungkap Desy kepada wartawan di Kantor Pemkab Bandung Barat, Jumat (28/1/2022).

Di sisi lain, pihaknya juga mendukung rencana penutupan pondok pesantren maupun yayasan yang sebelumnya menaungi Herry Wirawan dan santriwati yang jadi korbannya.

"Sanksi administrasi terkait perizinan sekolah atau yayasan, ini jadi dampak yang harus dilaksanakan. Boleh dilakukan oleh dinas terkait paling tidak ada penegakan hukum yang membuat pelakunya jera," tutur Desy.

Tak cuma berharap pelakunya dihukum setimpal, artis yang tenar di tahun 90-an itu juga minta semua pihak untuk fokus pada upaya pencegahan agar kejadian serupa tak terulang lagi di kemudian hari.

"Tentunya bukan hanya hukuman, tapi rehabilitasi buat pelaku dan korban juga penting. Sesungguhnya apa faktor penyebab agar tidak berkelanjutan sehingga bisa kita cegah termasuk di sekolah dan wilayah lain," kata Desy.

Salah satu langkah nyata pencegahan tindak kekerasan pada anak dan perempuan, yakni penyusunan draf RUU Penghapusan Kekerasan Seksual (PKS) yang kini telah berubah nama menjadi RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS).

"Kita kan sedang membahas RUU Tindak Pidana Kekerasan Seksual (TPKS), yang sudah diparipurnakan jadi usulan. Tinggal menunggu Surat Presiden (Surpres) menentukan kementerian mana yang akan berkolaborasi dengan DPR. Jadi setelah disahkan jadi UU kemudian langsung diimplementasikan," ujar Desy.

(mso/bbn)