Dibayangi Omicron, PTM di Ciamis Tetap Boleh Dilaksanakan 100 Persen

Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 14:10 WIB
34.555 Madrasah Siap untuk PTM Terbatas 2022
Ilustrasi PTM (Foto: A.Prasetia/detikcom)
Ciamis -

Jumlah kasus Omicron saat ini mengalami peningkatan dan menjadi alarm ancaman gelombang ketiga pandemi. Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menyatakan, sekolah di Ciamis masih boleh melaksanakan pembelajaran tatap muka (PTM).

Herdiat mengatakan pihaknya sudah melakukan rapat evaluasi pelaksanaan PTM 100 persen setelah dua pekan lebih berjalan. Hasilnya, seluruh sekolah melaksanakan protokol kesehatan dengan baik.

Pemkab Ciamis pun telah melakukan rapat evaluasi dengan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Hasilnya, untuk Ciamis masih diizinkan melaksanakan PTM 100 persen.

"Intinya, untuk Kabupaten Ciamis masih boleh melaksanakan PTM 100 persen. Semoga PTM ini bisa terus dilaksanakan selamanya," ujar Herdiat, Kamis (27/1/2022).

Herdiat mengingatkan kepada setiap sekolah untuk tetap menerapkan protokol kesehatan ketat. Pastikan setiap siswa dan guru memakai masker dan menjalankan prokes dengan baik.

"Pakai maskernya, cuci tangan dan jaga jarak serta vaksinasi. Apalagi dengan kondisi saat ini ada Omicron yang sudah masuk Jawa Barat. Maka kita harus betul-betul waspada, agar PTM ini bisa terus dilaksanakan," ucap Herdiat.

Sebelumnya, dalam antisipasi masuknya varian Omicron, Pemkab Ciamis memaksimalkan Satgas COVID-19 tingkat bawah.

Yakni dengan mengoptimalkan fungsi Satgas COVID-19 dari mulai tingkat RT/RW. Tugasnya untuk indentifikasi dan pengawasan pendatang dari daerah episentrum Omicron.

Masyarakat pun harus tetap melaksanakan protokol kesehatan ketat. Mempercepat capaian vaksinasi dosis dua. Serta penggunaan aplikasi Peduli Lindungi setiap tempat

(yum/bbn)