Vaksin Booster di Kota Cirebon, Simak Lokasi dan Syaratnya

Sudirman Wamad - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 09:38 WIB
Ribuan pelaku budaya, pariwisata dan ekonomi kreatif (Buparekraf) di Kota Bandung menjalani vaksinasi COVID-19. Vaksinasi berlangsung di kawasan Terpadu Trans Studio Bandung.
Ilustrasi vaksinasi (Foto: Wisma Putra/detikcom)
Cirebon -

Pemkot Cirebon tengah melaksanakan vaksinasi booster pada pekan ini. Sasarannya kelompok lanjut usia (lansia), pelayan publik dan komorbid.

Penyuntikan vaksin booster bagi kelompok lansia, pelayan publik dan komorbid ini secara simbolis dibuka melalui acara vaksinasi booster di Grage Mall dan gedung Sekretariat Daerah (Setda) Kota Cirebon, Jawa Barat, Senin (24/1).

"Di Grage Mall 2.000 dosis, dan di gedung Setda 2.000 dosis. Untuk booster vaksinnya itu AstraZeneca," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon Edy Sugiarto dalam keterangan yang diterima detikcom, Kamis (27/1/2022).

Edy mengatakan syarat mendapatkan vaksin booster adalah pernah divaksinasi dosis kesatu dan dua. Kemudian, interval waktunya antara dosis dua dan booster adalah enam bulan.

"Kalau sudah enam bulan setelah dosis kedua boleh booster. Tiga bulan belum bisa, karena antibodinya masih aktif," ujar Edy.

Selain itu, masyarakat yang ingin disuntik vaksin booster juga harus membawa kelengkapan dokumen, seperti KTP atau surat domisili. Pemkot berencana pelaksanaan vaksinasi booster bagi masyarakat dilakukan setelah lansia, pelayan publik, dan komorbid.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Cirebon Tri Mulyaningsih mengatakan pelaksanaan vaksinasi booster bagi lansia, pelayan publik dan komorbid dilakukan di seluruh puskesmas di Kota Cirebon. "Semua puskesmas. Jadwalnya setiap puskesmas beda-beda," kata Tri melalaui pesan singkatnya.

Sementara itu, dikutip dari akun Instagram Puskesmas Kalitanjung Kota Cirebon yakni @puskesmas_kalitanjung menyebutkan pelaksanaan vaksinasi booster untuk lansia, pelayan publik dan komorbid dilaksanakan hari ini mulai pukul 08.00 WIB hingga 11.00 WIB. Masyarakat diminta membawa kelengkapan dokumen.

(bbn/mso)