Kasus Corona di Cirebon Naik, Pemkot Imbau Warga Tak Pergi ke Jakarta

Sudirman Wamad - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 14:32 WIB
Poster
Ilustrasi virus Corona (Foto: Edi Wahyono)
Cirebon -

Pemkot Cirebon menginformasi adanya penambahan 10 kasus pasien positif COVID-19 dalam beberapa hari terakhir. Pemkot mengimbau agar warganya tak berkunjung ke daerah episentrum COVID-19, seperti DKI Jakarta.

Sekda Kota Cirebon Agus Mulyadi mengatakan dari 10 kasus positif COVID-19 teranyar itu, lima di antaranya terpapar COVID-19 usai perjalanan dari Jakarta.

"Kami harapkan masyarakat kurangi mobilitas terutama pada daerah episentrum, seperti saat ini Jakarta. Kalau dipandang bisa ditunda, lebih baik ditunda," kata Agus kepada awak media di Jalan Cipto Mangunkusumo Kota Cirebon, Jawa Barat, Rabu (26/1/2022).

Agus juga mengaku telah menerbitkan imbauan agara ASN mengurangi mobilitas ke luar kota. "Kasus aktif nambah 10. Sejauh ini masih terkendali," kata Agus.

Senada disampaikan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cirebon Edy Sugiarto. Lima kasus COVID-19 teranyar merupakan satu keluarga yang terpapar usai perjalanan daer Jakarta. Kelima pasien ini menjalani isolasi mandiri di rumah sakit.

"Mereka dinyatakan positif setelah menjalani tes PCR di rumah sakit," ucap Edy di Balai Kota Cirebon.

Edy mengaku pihaknya masih menunggu hasil laboratorium terkait varian virus yang menyerang satu keluarga tersebut, apakah Omicron atau bukan. Ia mengimbau agar masyarakat tetap memperketat dan mematuhi protokol kesehatan (prokes).

"Saat ini total terkonfirmasi ada 10 pasien. Dua di antaranya sudah sembuh. Sisanya masih menjalani isolasi," kata Edy.

(yum/bbn)