Toko Kelontong di Sukabumi Ludes Terbakar

Syahdan Alamsyah - detikNews
Kamis, 27 Jan 2022 09:28 WIB
Kabupaten Sukabumi -

Api melalap sebuah toko kelontong di Kampung Paku Haji, Desa Sundawenang, Kabupaten Sukabumi, Kamis (27/1/2022), pukul 02.30 WIB. Tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut.

Informasi dihimpun, kejadian itu diketahui oleh pemilik toko dan warga yang masih beraktivitas di sekitar lokasi tersebut. "Kejadian sekitar pukul 02.00 WIB, pemilik toko bapak Rinto ini belum tidur. Setelah bikin bon dia naik pulang ke rumahnya di belakang. Salat seperti biasa, ketika keluar lagi untuk cari makan, dia melihat kepulan asap dari bagian depan tokonya," kata Dian (45), warga setempat, kepada detikcom, Kamis (27/1/2022).

Dian yang saat itu berada di lokasi juga melihat langsung kepulan asap diiringi suara api membakar sejumlah benda di dalam toko. Usai kepulan asap, api mulai terlihat membumbung tinggi.

"Kedengaran dari suara api begitu pas dia melihat ada api semakin membesar pak Rinto mulai berteriak meminta bantuan warga dan warga pun serentak membantu dengan peralatan seadanya. Namun, api sudah membesar. Petugas Damkar datang sekitar pukul 03.00 WIB, dari situ baru api bisa diatasi oleh personel Damkar," ujar Dian.

Komandan Peleton Damkar II Cibadak Asep Romal mengatakan tidak ada korban jiwa akibat kejadian tersebut. Api baru bisa dipadamkan sekitar 2,5 jam kemudian begitu timnya tiba di lokasi.

"Informasi kami peroleh sekitar pukul 03.00 WIB dari Polsek Parungkuda. Ada kebakaran di Kampung Paku Haji, kami kesana perjalanan sekitar 10 menit sampai lokasi," tutur Asep.

Dia menduga kebakaran dipicu hubungan pendek arus listrik. "Penanganan tidak ada kesulitan, 2,5 jam pemadaman. Dugaan api karena arus pendek listrik, tidak ada korban jiwa. Kondisi bangunan ini ruko, rumah dan toko kelontong, jualan tabung gas juga. Kerugian masih dalam perhitungan," kata Asep.

(sya/bbn)