Ratusan Rumah Terdampak Gempa di Lebak Dapat Bantuan Stimulan

Fathul Rizkoh - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 11:55 WIB
Rumah Rusak di Lebak Akibat Gempa Banten
Rumah warga terdampak gempa di Leba Banten. (Foto: Fathul Rizkoh/detikcom)
Lebak -

Ratusan rumah di Lebak Banten akan mendapat bantuan stimulan. Bantuan itu diberikan untuk merenovasi rumah yang terdampak gempa magnitudo (M) 6,6 yang terjadi pada pada Jumat (14/1).

"Dari data 282 rumah, yang lolos verifikasi ada 215 rumah. Rinciannya 171 rusak ringan, 32 rusak sedang, 15 rusak berat. Kemudian ada data tambahan yang masuk ke kami, jumlahnya ada 57 rumah. Data tambahan baru hari ini akan kami verifikasi," ujar Kepala BPBD Lebak Febby Rizky Pratama kepada detikcom, Rabu (26/1/2022).

Rencananya BPBD Lebak menyelesaikan rekap verifikasi pada Minggu ini. Sehingga Minggu depan rekap korban terdampak gempa bumi bisa diberikan kepada Pemprov Banten dan BNPB.

"Rabu verifikasi yang kurang, Jumat (28/1) mungkin bisa dapat tandatangan Bupati Lebak. Senin (31/1) baru bisa dibawa ke provinsi dan pusat," katanya.

Saat ini BPBD Lebak belum bisa memastikan total anggaran yang dibutuhkan. Sebab, sumber dana untuk bantuan ini pun belum diketahui berasal dari mana.

"Kami tentu akan berikhtiar ke provinsi maupun ke BNPB. Iya belum bisa dipastikan, karena kami belum tahu provinsi mampunya berapa. Kalau BNPB selama ini Rp 10 juta, Rp 25 juta dan Rp 50 juta," ucap Febby.

Febby berharap proses pencairan bantuan tidak terlalu lama. Agar warga terdampak bencana bisa kembali hidup nyaman di rumahnya.

"Kemungkinan paling cepat awal Maret baru bisa disalurkan bantuan stimulan," kata Febby.

Sekadar diketahui, Pemkab Lebak akan menurunkan tim untuk memverifikasi rumah terdampak gempa. Tujuannya untuk menghitung berapa kerugian yang dialami korban.

"Berkaca pada bencana 2018, mulai hari Senin (17/1) akan melakukan verifikasi rumah terdampak. Dengan tim teknis DPUPR dan Perkim yang mengerti standar konstruksi bangunan," tutur Febby.

(bbn/mso)