Usai 'Dicolek' Jaksa Agung, Hengky Kurniawan Terjunkan Dinas Kesehatan

Whisnu Pradana - detikNews
Rabu, 26 Jan 2022 11:20 WIB
Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan
Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung -

Agus Mustopa (28), warga Kampung Cibiru, Desa Ciptaharja, Kecamatan Cipatat, Kabupaten Bandung Barat segera mendapatkan penanganan medis untuk penyakit TBC akut yang diidapnya.

Agus sendiri merupakan tersangka atas kasus pencurian motor milik majikannya sendiri atas nama Jaja. Beruntung ia diampuni lewat restorative justice yang pemberiannya disaksikan langsung oleh Jaksa Agung ST Burhanuddin.

Sebelumnya Burhanuddin mencolek Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan agar segera mengobati warganya yang mengidap TBC akut tersebut.

Menanggapi hal tersebut Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan mengatakan pihaknya langsung menindaklanjuti permintaan Jaksa Agung untuk merawat dan memberikan penanganan medis pada Agus.

"Kita langsung respons, terima kasih kepada Pak Jaksa Agung yang sudah memberitahu ada warga kami yang sakit TBC akut, tentu akan ditangani dan segera dijemput oleh Dinas Kesehatan," ungkap Hengky kepada wartawan di Kantor Pemkab Bandung Barat, Rabu (26/1/2022).

Hengky mengatakan pihaknya menunggu laporan dari Dinas Kesehatan terlebih dahulu terkait penjaminan biaya pengobatan dan perawatan terhadap Agus.

"Pengobatan dan perawatan kita bantu, kalau memang kondisinya warga yang membutuhkan dan tidak punya BPJS kita bantu. Untuk kasus tertentu apalagi dapat perhatian dari Jaksa Agung, pemerintah hadir untuk membantu," kata Hengky.

Selain itu ia juga tak bakal terburu-buru untuk menjenguk Agus di rumahnya. Rencana tersebut bakal dilakukannya jika sudah ada laporan dari Dinas Kesehatan.

"Terkait rencana ke rumahnya, saya tunggu laporan dulu dari dinkes, sejauh apa kondisinya, kalau memungkinkan dijenguk ya datang," ucap Hengky.

Ia mengapresiasi langkah pemberian restorative justice pada seorang warganya yang terbukti melakukan tindak pidana pencurian kendaraan bermotor.

"Dan saya pikir ini keputusan yang baik juga, daripada nanti akhirnya menular dan lain sebagainya, ada hal yang tidak diinginkan terjadi di sel, kita suport sepenuhnya," kata Hengky.

Sebelumnya, JAksa Agung ST Burhanuddin 'mencolek' Plt Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan untuk memerhatikan kondisi Agus Mustopa (28). Warga Bandung Barat yang diampuni lewat restorative justice atas kasus pencurian sepeda motornya itu diketahui menderita sakit TBC akut.

Hal itu disampaikan Burhanuddin saat menyaksikan langsung pemberian restorative justice Agus di Kantor Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Barat, Jalan Riau, Kota Bandung, Selasa (25/1/2022).

"Tolong dengan bupati Bandung Barat yang artis, Hengky, tolong bilang ke Hengky berobatkan warganya ini. Tolong bilang ke Hengky, tolong obatilah ini sudah sakit. Pak Kajati tolong," ucap Burhanuddin.

(yum/bbn)