Kubah Masjid 'Melayang' Tertiup Angin di Tasikmalaya, Warga: Ngeri!

Faizal Amiruddin - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 18:07 WIB
Kubah masjid Al istiqomah yang ambruk tersapu angin kencang dan hujan es
Kubah masjid Al istiqomah yang ambruk tersapu angin kencang dan hujan es pada Selasa (25/1/2022) (Foto: Faizal Amiruddin/detikcom)
Tasikmalaya -

Hujan deras disertai angin kencang terjadi di wilayah Kota Tasikmalaya, Selasa (35/1/2022) petang. Kejadian itu menimbulkan kerusakan di berbagai titik. Setidaknya ada 11 lokasi pohon tumbang yang menyebabkan arus lalu lintas di banyak ruas jalan mengalami kemacetan.

"Sejauh ini kami mencatat ada 11 lokasi pohon tumbang yang menyebabkan kemacetan," kata Kepala BPBD Kota Tasikmalaya Ucu Anwar.

Dia mengatakan langsung menerjunkan personil untuk mengevakuasi pohon yang tumbang.

"Tapi kami terkendala keterbatasan jumlah personil. Sehingga proses evakuasi dilakukan secara bertahap, sehingga berimbas pada kemacetan arus kendaraan,' kata Ucu.

Lokasi pohon tumbang terjadi di kawasan Cikurubuk, Dadaha, Nagarawangi, Mangkubumi, Cibaregbeg , Jalan Utuy Sobandi, Jalan Ir. H. Djuanda, Jalan Perintis Kemerdekaan dan lainnya.

Selain pohon tumbang, sejumlah lapak pedagang kaki lima di Jalan Cikurubuk dan Jalan Terusan BCA mengalami kerusakan. Ditambah lagi kerusakan kecil di banyak rumah warga.

Pantauan detikcom, salah satu kerusakan yang cukup berat terjadi di mesjid Al Istiqomah Dusun Cipicung Kelurahan Tugujaya Kecamatan Cihideung.

Kubah mesjid yang baru empat bulan selesai dibangun itu terbang dihempas angin. Kubah berbahan logam almunium dengan diameter sekitar 4 meter itu tertiup angin sebelum akhirnya jatuh di halaman rumah warga.

"Dari dalam rumah terlihat saat kubah melayang, ngeri," kata Lilis, warga yang rumahnya di dekat mesjid.

Lilis mengatakan suara benturan keras terdengar saat kubah mendarat persis di depan rumahnya.

"Takut sekali, panik saya langsung keluar rumah," kata Lilis. Dia mengatakan bagian depan rumahnya juga rusak.

Setelah hujan reda warga bergotong royong membereskan kubah mesjid tersebut.

Selain menimbulkan banyak kerusakan bangunan, hujan yang terjadi sekitar pukul 15.00 WIB itu diwarnai pula oleh fenomena hujan batu es.

Simak Video 'Tasik Dilanda Hujan Es-Angin Kencang, Pohon Tumbang Timpa Jalur Utama':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)