Cerita Perempuan Bandung Diadili Gegara Curhat di Medsos

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 17:06 WIB
Curhatan Erlina Sari (37) di media sosial tentang mantan suami kembali ke pelukan istri lamanya berujung di meja hijau.
Curhatan Erlina Sari (37) di media sosial tentang mantan suami kembali ke pelukan istri lamanya berujung di meja hijau. (Foto: Dony Indra Ramadhan/detikcom)
Bandung -

Erlina Sari (37) harus menelan pil pahit tatkala suami kabur ke istri lama hingga dia diseret ke pengadilan atas tuduhan UU ITE. Curhat soal biduk rumah tangganya di media sosial (medsos) berbuntut panjang.

Usai sidang di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung pada Selasa (25/1/2022), Erlina berkisah soal biduk rumah tangga hingga hubungan segitiga.

Awalnya, ibu satu anak ini menikah dengan JS di tahun 2017. Saat itu, posisi JS merupakan duda usai bercerai dengan istrinya NA. Hubungan Erlina dan JS tak bertahan lama hingga akhirnya JS pergi meninggalkan Erlina dan buah hati yang masih balita.

"Saat itu posisi saya belum bercerai secara hukum, baru ditinggal tanpa nafkah dan tanggung jawab, terus hampir 8 bulan saya menutup aib rumah tangga," ujar Erlina.

Campur aduk perasaan Erlina memuncak saat dia menemukan foto JS bersama dengan mantan istri dan empat orang anaknya. Padahal, kata dia, saat itu dia dan juga JS masih berstatus suami istri.

"Selama saya diam, saya hanya fokus ke anak dan pekerjaan, saya selidiki ternyata dari pihak RT, sering melihat mobil mantan suami saya sering berada di rumah pelapor ini, pelapor ini mantan istri pertama, sudah cerai secara hukum sejak 2014, jadi pada saat itu saya bukan merebut suami orang, saat itu saya nikah tahun 2017," katanya.

"Walaupun dia merasa tidak terima kan harusnya melapornya itu pada saat 2018 dan itu dia hanya membuat surat somasi supaya saya menghapus postingan itu dan itu sudah saya lakukan, postingan itu kalau tidak salah cuma ada dua hari di medsos dan ternyata ada yang Screenshot dan ditransmisikan atau sebarluaskan," kata dia menambahkan.

Dia tak memungkiri dalam unggahannya itu dia juga menyebut kata-kata pelakor. Dia punya alasan lantaran saat itu dia dan suaminya belum resmi bercerai.

"Ya memang di situ ada kata-kata pelakor. Kenapa saya bilang begitu, karena saat itu saya belum cerai secara sah, baru pisah dan tiba-tiba saya melihat (foto) dari postingan anaknya. Kalau cuma foto, sebagai mantan suami dan mantan istri kok pelukan? Itu saya belum cerai," katanya.

Bahan Dakwaan di Persidangan

Nasib malang dialami Erlina Sari (37). Curhat lantaran mantan suami kabur ke mantan istrinya di media sosial (medsos) berujung di meja hijau.

Erlina jadi terdakwa kasus Undang-Undang ITE lantaran curhat di medsos Facebook berkaitan dengan ulah suami yang kabur dan kembali ke mantan istri. Berdasarkan dokumen dakwaan jaksa, Erlina mengunggah foto suaminya JS sedang bersama mantan istri JS, NA dengan keempat anaknya ke medsos di tahun 2018.

"Erlina awalnya menemukan beberapa foto saudara JS yang saat itu masih suami terdakwa sedang bersama NA dan keempat anaknya. Karena terdakwa kesal dan marah, terdakwa kemudian memposting foto tersebut ke media sosial Facebook dengan nama akun Erlin Yoshica serta memposting kata-kata yang intinya menuduh saudari NA telah sukses menjadi seorang pelakor setelah ditinggalkan suami sirinya, serta pernah berzina dengan mantan suaminya (mantan suami Erlina) JS," tulis dakwaan jaksa sebagaimana dilihat detikcom pada Selasa (25/1/2022).

Simak juga 'Serba-serbi SKB Pedoman UU ITE yang Perlu Diketahui!':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)