Angin Kencang Terjang Ciamis, Tiga Mobil Tertimpa Pohon

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 17:46 WIB
Hujan deras disertai angin kencang mengakibatkan wilayah perkotaan Ciamis porak poranda. Ada belasan pohon tumbang di beberapa ruas jalan perkotaan Ciamis, Selasa (25/1/2022) sore.
Mobil tertimpa pohon tumbang di Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Hujan deras disertai angin kencang menerjang wilayah perkotaan Ciamis. Ada belasan pohon tumbang di beberapa ruas jalan. Tiga mobil tertimpa pohon, salah satunya mobil layanan Promkes Dinas Kesehatan Ciamis.

Pantauan detikcom, Selasa (25/1/2022) sore, belasan pohon berukuran besar dan sedang tumbang ke badan jalan di beberapa titik. Antara lain Jalan Suyud atau depan PDAM Ciamis, Jalan Iwa Kusuma Somantri atau depan Dinas Kesehatan dan komplek Islamic Center. Ada juga pohon tumbang di Jalan Nasional atau depan Pesantren Al Hasan. Pohon yang tumbang itu kebanyakan berjenis trembesi.

Terlihat tiga kendaraan yang tertimpa. Dua mobil milik pribadi yang sedang parkir di pinggir jalan, dan satu mobil layanan promosi milik Dinas Kesehatan saat di parkir di halaman kantor.

Pohon menimpa kanopi bangunan parkiran hingga rusak. Selain itu ada juga atap bangunan tempat pencucian mobil yang rusak terbawa angin. Akibat kejadian ini arus lalu lintas di beberapa ruas jalan sempat terhambat karena terhalang pohon. Adapun beberapa kendaraan memilih jalur alternatif agar bisa melintas.

Setelah kejadian, petugas dari BPBD Ciamis, Polisi-TNI, petugas Dinas Kebersihan, Damkar dan masyarakat bahu membahu mengevakuasi sejumlah pohon tumbang. Dengan sekuat tenaga petugas BPBD Ciamis memotong pohon menggunakan gergaji mesin. Sejumlah warga turut menyingkirkan dahan yang telah dipotong.

Devi Nuryadin, seorang pegawai Dinas Kesehatan Ciamis, membenarkan kejadian tersebut. Sewaktu ia berada di dalam kantor melihat hujan deras disertai angin kencang. Kemudian terdengar suara ambruk cukup kencang di bagian depan kantor.

"Kami kaget saat berada di dalam kantor, pohon-pohon tumbang. Termasuk pohon yang ada di dalam komplek kantor menimpa garasi parkiran. Satu mobil Promkes tertimpa, kayaknya rusak ringan," tutur Devi.

Petugas BPBD Ciamis dibantu pihak lainnya mengevakuasi pohon tumbang tersebut. Pihak BPBD pun masih mendata kerusakan akibat pohon tumbang itu.

(bbn/mso)