Korban-Pelaku Damai, Polisi Hentikan Kasus 'Lingkaran Setan' Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 14:19 WIB
Polisi Hentikan Kasus Lingkaran Setan Ciamis
Momen islah antara korban dan pelaku berkaitan kasus 'Lingkaran Setan' Ciamis. (Foto: Dadang Hermansyah/detikcom)
Ciamis -

Polisi memutuskan memilih menyelesaikan masalah 'Lingkaran Setan' Ciamis di luar peradilan. Hal tersebut menyusul keluarga korban dan pelaku atau terlapor bersepakat damai.

Pihak SMA Negeri 1 Ciamis mengundang keluarga korban dan orang tua siswa terkait dalam kasus tersebut untuk melakukan mediasi. Acara ini dihadiri oleh Polres Ciamis, pengurus pramuka, dan sejumlah pihak lainnya di GOR SMAN 1 Ciamis, Senin (24/1/2022).

Dalam pertemuan itu, semua pihak terdiri siswa dan orang tua menyatakan islah serta memaafkan. Pihak korban dan terlapor saling bersalaman dan berpelukan. Setelah itu, dilanjutkan penandatanganan kesepakatan.

Kapolres Ciamis AKBP Wahyu Broto Narsono Adhi mengatakan ada pertemuan orang tua di sekolah untuk mediasi menentukan arah penanganan kasus 'Lingkaran Setan'. Namun pada proses penyelidikan hingga penyidikan tersangkanya ialah anak atau usia bawah umur.

"Dalam peraturan pun ada instrumen untuk itu. Kami melaksanakan penyelidikan dan ternyata ada unsur pidananya. Ada instrumen dalam perundang-undangan, polisi wajib memberikan fasilitas mediasi," ujar Wahyu.

Wahyu menyebut dalam mediasi ini, kedua pihak orang tua telah saling memaafkan. Begitu juga antara siswa dan kakak seniornya. Kemudian sekolah telah mengajukan permohonan kepada Polres Ciamis untuk tidak melanjutkan proses penyelidikan.

"Atas dasar ini untuk perkara ini kami memilih menyelesaikan masalah di luar peradilan. Ini juga sudah dilaporkan kepada Kejari dan PN, mereka pun setuju," tutur Wahyu.

Sekadar diketahui, sejumlah siswa kelas X SMAN 1 Ciamis luka memar diduga akibat dipelonco dalam kegiatan 'Lingkaran Setan'. Lantaran tidak terima dengan kondisi menimpa sang anak, para orang tua melaporkan peristiwa tersebut kepada polisi.

Simak juga video 'Lingkaran Setan Kekerasan Seksual Anak':

[Gambas:Video 20detik]



(bbn/mso)