Penangguhan Penahanan Ditolak, Pengacara Bahar bin Smith: Nggak Kaget

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 25 Jan 2022 11:18 WIB
Habib Bahar bin Smith memenuhi panggilan Polda Jawa Barat, Senin (3/1/2022). Dia akan diperiksa berkaitan dengan kasus ujaran kebencian.
Habib Bahar bin Smith saat memenuhi panggilan Polda Jawa Barat, Senin (3/1/2022). (Foto: Dony Indra Ramadhan)
Bandung -

Polisi menolak penangguhan penahanan habib Bahar bin Smith yang ditahan atas kasus penyebaran berita bohong. Pihak Bahar Smith merespons dingin soal penolakan itu.

"Kalaupun info ditolak atau ini, kami nggak kaget lah, sudah tidak terkejut, biasa. Itu kewenangan subjektif penyidik mau dikabulkan atau tidak. Nggak ada masalah buat kita," ucap Ichwan Tuankotta kuasa hukum Bahar saat dikonfirmasi, Selasa (25/1/2022).

Ichwan menuturkan, penangguhan penahanan diajukan dua kali oleh Bahar. Pertama diajukan saat Bahar ditahan usai diperiksa. Tak ada kabar, Bahar kembali mengajukan penangguhan dengan jaminan ratusan ulama Se-Jabar.

Menurut Ichwan pihak keluarga juga sudah mengetahui ditolaknya penangguhan penahanan ini. Namun secara administrasi, pihaknya belum menerima informasi langsung dari Polda Jabar.

"Cuma secara kedinasan institusi dari Polda baik dari penyidik maupun dari pihak Polda Jabar belum ada informasi langsung ke kami," kata dia.

Sebelumnya, Polda Jawa Barat tak mengabulkan penangguhan penahanan terhadap habib Bahar bin Smith. Tersangka kasus penyebaran berita bohong saat ceramah di Bandung itu kini masih ditahan.

"Penangguhannya masih ditunda, belum diberikan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo saat dihubungi, Senin (24/1/2022).

Ibrahim menjelaskan pertimbangan belum dikabulkannya penangguhan tersebut lantaran penyidik masih membutuhkan Bahar hadir untuk melengkapi berkas perkara. Kasus penyebaran berita bohong itupun saat ini masih dalam tahap penyelesaian berkas.

"Pertimbangannya yang bersangkutan masih dibutuhkan untuk melengkapi berkas," tutur dia.

(yum/bbn)