Penangguhan Penahanan Habib Bahar bin Smith Ditolak Polisi

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 10:56 WIB
Habib Bahar bin Smith memenuhi panggilan Polda Jawa Barat, Senin (3/1/2022). Dia akan diperiksa berkaitan dengan kasus ujaran kebencian.
Foto: Habib Bahar bin Smith saat di Mapolda Jabar beberapa waktu lalu (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Polda Jawa Barat tak mengabulkan penangguhan penahanan terhadap Habib Bahar bin Smith. Tersangka kasus penyebaran berita bohong saat ceramah di Bandung itu kini masih ditahan.

"Penangguhannya masih ditunda, belum diberikan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo saat dihubungi, Senin (24/1/2022).

Ibrahim menjelaskan pertimbangan belum dikabulkannya penangguhan penahanan tersebut lantaran penyidik masih membutuhkan Bahar hadir untuk melengkapi berkas perkara. Kasus penyebaran berita bohong itupun saat ini masih dalam tahap penyelesaian berkas.

"Pertimbangannya yang bersangkutan masih dibutuhkan untuk melengkapi berkas," tutur dia.

Sejauh ini, kasus tersebut belum dilimpahkan ke kejaksaan. Penyidik masih melengkapi berkas perkara untuk dilimpahkan.

"Masih melengkapi berkas perkara," kata dia.

Seperti diketahui, Bahar menjadi tersangka penyebaran berita bohong saat ceramah di Kabupaten Bandung. Bahar pun ditahan atas perkaranya itu.

Pihak Bahar beberapa kali mengajukan penangguhan penahanan. Bahkan yang terakhir, Bahar diklaim mendapat penjamin dari ratusan ulama di Jabar.

"Iya benar (diajukan penangguhan). Karena kita nunggu jawaban dari penyidik bagaimana. Maka kita ajukan lagi," ucap Ichwan Tuankotta kuasa hukum Bahar beberapa waktu lalu.

Ichwan menuturkan dalam pengajuan ini, ada ratusan ulama sebagai penjamin. Termasuk istri dari habib Bahar juga ikut menjamin penangguhan penahanan ini.

"Seluruh ulama se-Jabar. Ratusan ulama se-Jabar menjamin Habib Bahar. Kemudian dari istri habib Bahar," kata dia.

Simak juga 'Polda Jabar Terima Kasus Habib Bahar soal Pelintiran Ucapan Jenderal Dudung':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)