Waspada Lur! Majalengka Lagi Rawan Pencurian Sepeda Motor

Bima Bagaskara - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 21:09 WIB
Ilustrasi Pencurian Moto
Foto: Edi Wahyono
Majalengka -

Para pemilik sepeda motor di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat wajib meningkatkan kewaspadaannya. Pasalnya aksi pencurian sepeda motor sedang marak terjadi beberapa hari terakhir.

Yang terbaru, pada Senin (24/1/2022) pagi sekitar pukul 03.00 WIB, sepeda motor milik Tia warga Sang Raja, Kecamatan Cigasong hilang di teras rumah. Padahal saat kejadian, Tia dan keluarganya sedang berada di ruang tamu.

"Jadi tadi pagi sekitar jam setengah 3 itu ponakan saya kerumah ngeluarin mobil dan motor itu masih ada. Waktu itu aku sama keluarga itu masih bangun, ada di ruang tamu semua," kata Tia saat dikonfirmasi detikcom.

Saat itu Tia tidak sadar ada orang yang masuk ke teras rumah dan mengambil sepeda motor jenis Yamaha N-Max dengan nomor polisi E 3725 UG. Baru pada pagi harinya, Ia menyadari sepeda motor miliknya telah hilang dicuri.

"Baru pas pagi itu jam 5 lah pas mau beli sarapan, baru ngeh kok pagarnya kebuka. Padahal pas subuh itu sudah ditutup rapat. Pas lihat motor kok ga ada, baru disitu sadar motor udah ilang," ucapnya.

Peristiwa tersebut membuat Tia syok. Ia mengaku tidak mengingat apapun pada jam dimana motornya hilang. Tia berharap kepolisian bisa segera menangkap pelaku pencurian dan rutin melakukan patroli malam hari.

"Maunya tiap malam ada patroli lah gitu, terus segera ditangkap pelakunya," harapnya.

Aksi pencurian sepeda motor juga sempat terjadi beberapa hari lalu. Hal tersebut diungkapkan Robby, pengurus komunitas Supermoto Majalengka. Menurutnya akhir-akhir ini memang rawan terjadi pencurian sepeda motor.

"Iya kang (rawan). Cuma dari member kami baru 1 yang kehilangan," ujar Robby.

Meski baru 1 member komunitas Supermoto Majalengka yang kehilangan, namun menurut Robby banyak pencuri yang mengincar sepeda motor jenis trail. Pasalnya kata dia, sepeda motor jenis trail lebih mudah untuk dicuri.

"Lagi rawan motor trail, lagi diincer pencuri. Karena harganya lagi naek daun di pasaran kemudian mudah juga motor tersebut dibobol pencuri," ungkapnya.

Ia pun berpesan kepada pemilik sepeda motor khususnya jenis trail agar memasang pengaman tambahan untuk menghindari aksi pencurian.

"Kalo recomend saya sih cakramnya ditambahin baut L, soalnya komplotan pencuri jarang bawa kunci," tandasnya.

Maraknya aksi pencurian sepeda motor di Majalengka juga dibuktikan dengan banyaknya DM (direct massage) yang masuk ke akun instagram besoksenin.co. Akun yang sehari-hari memposting segala sesuatu tentang Majalengka ini banyak menerima aduan kehilangan sepeda motor.

Lihat juga video '2 Pelaku Curanmor di Purwakarta Diringkus, 17 Motor Jadi Barbuk':

[Gambas:Video 20detik]



"Banyak a ada 5 mah yang kirim DM kehilangan," singkat Riza admin akun besoksenin.co.

Terpisah Kasatreskrim Polres Majalengka AKP Febri A Simosir menegaskan pihaknya masih melakukan penyelidikan terkait aksi curanmor yang ada di Majalengka. Ia pun mengimbau masyarakat agar lebih waspada dan menggunakan kunci ganda pada kendaraannya.

"Masih lidik. Hindari menaruh motor sembarangan. Pakai kunci ganda. Kedepannya semoga dapat terungkap kejadian yang sudah ada dan terkait curanmor dapat ditekan/nihil," singkat Febri saat dikonfirmasi.

(yum/bbn)