Pemkot Bandung Lacak 80 Kontak Erat dari Enam Pasien Omicron

Wisma Putra - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 20:40 WIB
Omicron Variant on test tube - New Variant of Covid 19
Foto: Getty Images/iStockphoto/DMEPhotography
Bandung -

Pemkot Bandung melakukan penelusuran (tracing) 80 kontak erat dari enam warga yang terpapar virus Corona varian Omicron. Tracing dilakukan untuk memutuskan mata rantai penyebaran varian yang diklaim lebih cepat menyebar dibandingkan delta itu.

"Kami trasing juga hasilnya belum keluar. 80 orang yang melakukan kontak dengan enam orang ini," kata Plt Walikota Bandung Yana Mulyana kepada wartawan, Senin (24/1/2022).

Yana mengatakan, saat ini keenam pasien terpapar Omicron itu telah dalam kondisi yang lebih baik.

"Jadi relatif tidak bergejala hanya batuk ringan satu di isolasi mandiri dan 5 (pasien) sedang isolasi terpadu di BPSDM Cimahi dan kondisi semua semakin membaik," katanya.

Yana menuturkan, enam pasien ini tidak memiliki riwayat bepergian ke luar negeri. "Dari enam orang ini ternyata tidak ada kontak dengan orang yang melakukan perjalanan dan mereka tidak melakukan perjalanan. Jadi ini kelihatan transmisi lokal," tuturnya.

Yana mengimbau kepada warga Kota Bandung agar tidak panik dan tetap jaga protokol kesehatan yang sangat ketat.

"Saya imbau, masyarakat enggak perlu panik, tetap waspada, kalau enggak berkepentingan di rumah dan tetap jaga prokes. Virus selalu bermutasi, varian apapun dengan prokes Insyaalah tidak terpapar," katanya.

(yum/bbn)