Keracunan Massal di Ponpes Sukabumi, Dinkes Tetapkan Status KLB

Siti Fatimah - detikNews
Senin, 24 Jan 2022 16:17 WIB
Keracunan massal terjadi di Pondok Pesantren Khalifah, Kampung Salakopi, Kecamatan Caringin, Kabupaten Sukabumi. Korban peristiwa ini mencapai 30 orang.
Korban keracunan makanan di Sukabumi menjalani penanganan medis. (Foto: Siti Fatimah/detikcom)
Kabupaten Sukabumi -

Keracunan massal yang terjadi di Pondok Pesantren Khalifah, Kabupaten Sukabumi, ditetapkan sebagai Kejadian Luar Biasa (KLB). Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Rika Mutiara.

"Iya masuk Kejadian Luar Biasa," ujar Rika kepada detikcom, Senin (24/1/2022).

Sementara itu, terkait pemeriksaan sampel makanan dan minuman yang dimakan para korban masih diperiksa di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Jawa Barat. Hasil tersebut diprediksi akan keluar dalam waktu sepekan ke depan.

"Belum ada hasilnya (pemeriksaan sampel yang dikirim ke Labkesda). Jumlah korban pun tidak bertambah lagi," kata Rika.

Sementara itu, berdasarkan data terakhir yang diterima dari P2BK Badan Penanggulangan Bencana Daerah Caringin ada 63 santri dan ustaz dan ustazah yang menjadi korban keracunan massal. Sebagian besar sudah pulih dan lima di antaranya masih mendapatkan perawatan.

Secara rinci, santri lelaki korban keracunan massal berjumlah 42 orang, santri perempuan sebanyak 18 orang, satu ustaz dan dua ustazah. Sementara lima orang yang masih mendapatkan perawatan merupakan santri pria.

"Dari ke 63 orang yang mendapat perawatan 58 orang sudah dinyatakan pulih dan kembali ke asrama masing-masing, masih terdapat lima orang mendapat perawatan pemberian Infus," kata Petugas P2BK BPBD Kecamatan Caringin, Ahmad Badrujaman.

Sekadar diketahui, keracunan massal itu terjadi setelah para penghuni pesantren santap makan malam pada Sabtu (22/1). Menu makanan yang disantap para santri di antaranya sayur sawi, telur, tahu, ikan tongkol, nasi dan air minum galon. Pihak Puskesmas Caringin melakukan tindakan perawatan di dalam aula Khalifah Boarding School.

(bbn/mso)