Jembatan Batujajar-Cihampelas Kembali Dibuka, Pengelola Pastikan Aman

Whisnu Pradana - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 15:33 WIB
Jembatan Batujajar Cihampelas (Jembalas) kembali dibuka
Jembatan Batujajar Cihampelas (Jembalas) kembali dibuka (Foto: Whisnu Pradana/detikcom)
Bandung -

Jembatan Batujajar Cihampelas atau Jembalas di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali dibuka. Sebelumnya, jembatan ini sempat ditutup selama nyaris sebulan usai sebagian sisi jembatan patah.

Berdasarkan pantauan detikcom pada Jumat (21/1/2022), bagian jembatan yang sempat ambruk itu sudah diperbaiki dan sejumlah pengendara motor juga sudah banyak yang kembali melintasi jembatan tersebut.

Pengelola Jembatan Jembalas Cecep Sumanta mengatakan jembatan sepanjang 540 meter itu sudah dibuka sejak Kamis (20/1/2022) sekitar pukul 17.00 WIB.

"Iya betul sudah dibuka lagi sejak kemarin sore. Kita undang beberapa anak yatim juga untuk ikut mendoakan pembukaan jembatan," ujar Cecep saat ditemui di Jembalas.

Pembukaan tersebut setelah pihaknya setelah menyelesaikan perbaikan dan penguatan pada struktur jembatan. Mulai dari pemasangan sling di bagian kiri dan kanan jembatan supaya kontruksi jembatan bisa lebih kuat dari sebelumnya.

"Bagian yang dipakai sling itu sepanjang 500 meter, kalau untuk keamanan, kita juga siapkan perahu, ponton, ban, dan menyiapkan tambang sepanjang 8 meter, jadi kalau ada apa-apa tinggal lempar saja tambangnya," kata Cecep.

Namun, nampaknya jumlah pengguna jembatan itu agak menurun dibandingkan sebelum terjadinya insiden yang menyebabkan seorang pengendara motor terjatuh meskipun jumlah penurunannya tak terlalu signifikan.

"Mungkin ada pengurangan karena baru dibuka lagi kan ya. Tapi tadi pagi sudah mulai ramai lagi yang lewat. Kalau dulu 1.000 motor sehari, mungkin sekarang baru di angka 800 motor," ujar Cecep.

Cecep mengakui perlu waktu untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat pada Jembalas pascainsiden yang terjadi 2 Januari 2022 lalu.

"Pasti ada dampaknya, tapi sebetulnya masyarakat sangat mendukung keberadaan jembatan ini. Kita kan sudah perkuat konstruksi jembatan, terus sudah dicek oleh DPRD ya itu jadi salah satu cara kita biar masyarakat percaya lagi," kata Cecep.

Pembukaan jembatan itu juga berbarengan dengan pergantian nama jembatan menjadi Jembatan Alfian. Nama tersebut bakal resmi digunakan pada Minggu (23/1/2022) mendatang.

"Nanti namanya bukan Jembalas lagi, tapi jadi Alfian. Nama baru ini rencananya akan diresmikan pada hari Minggu nanti. Itu setelah kita dapat saran dari sesepuh di sini, dan kebetulan nama Alfian ini juga berkaitan dengan sesepuh di wilayah ini," ucap Cecep.

Lihat juga video 'Detik-detik Jembatan Cihampelas Ambruk, Sejumlah Pemotor Terperosok':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)