Anak 11 Tahun di Sukabumi Meninggal Usai Sepekan Divaksinasi COVID-19

Siti Fatimah - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 14:57 WIB
Ilustrasi Vaksinasi
Foto: Ilustrasi vaksinasi (Dok. Shutterstock).
Sukabumi -

Suasana haru menyelimuti kediaman MDA (11), murid kelas enam Madrasah Ibtidaiyah (MI) asal Desa Selajambe, Kecamatan Cisaat, Kabupaten Sukabumi yang meninggal usai menjalani vaksinasi anak. Siswa kelas enam ini diduga mengalami KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi).

Sebelum dinyatakan meninggal pada Jumat (21/1/2022) dini hari, dia sempat beberapa kali demam tinggi dan mendapatkan perawatan di Rumah Sakit Betha Medika, Kabupaten Sukabumi.

Paman MDA, Deri Ardian mengatakan keponakannya mendapatkan vaksinasi di MI Citamiang pada Sabtu (15/1) lalu. Keponakannya itu tidak memiliki riwayat penyakit apapun hingga lolos screening vaksin COVID-19.

Sesaat setelah mendapatkan vaksin, kata dia, MDA mengalami demam ringan. Bahkan, ia sempat sekolah pada Senin (17/1).

"Tidak bisa menyalahkan vaksinasi, mungkin takdirnya seperti ini, cuman riwayatnya aja habis vaksin demam. Malah anaknya juga semangat (untuk dapat vaksinasi)," kata dia saat ditemui di rumah duka.

Dia mengatakan, kondisi MDA semakin memburuk pada hari ketiga pasca vaksinasi. Anak tersebut demam tinggi hingga dilarikan ke UGD.

"Selasa sore udah nggak bisa ditanya karena saking panasnya. Di rumah sakit 3 hari 2 malam," ujarnya.

Saat ditanya mengenai diagnosis rumah sakit, Deri berujar hanya panas saja. Selain itu, tingkat trombosit dan hemoglobinnya rendah.

"Dari dokternya panas aja cuman memang dari pihak medis yang saya tanyain hb dan trombosit turun drastis," kata dia.

"Saya pribadi dari pihak keluarga hanya bisa pasrah saja dan hanya bisa menyatakan kalau ini sudah catatan dari Allah SWT. Alhamdulillah dari pemerintah mulai dari kelurahan, camat, Sekda dan Kapolres Kota sudah pada takziah ke rumah," tuturnya.

detikcom sudah berusaha menghubungi Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi. Namun hingga berita ini dibuat, pihak yang bersangkutan belum memberikan respons.

(mso/mso)