Dinkes Ungkap Kronologi Temuan Satu Kasus Omicron di Kota Cimahi

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 15:29 WIB
covid-19 omicron variant vaccination concept
Foto: Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/Teka77).
Cimahi -

Seorang warga Kota Cimahi yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga positif terpapar COVID-19 varian Omicron. Sementara majikannya, terkonfirmasi COVID-19 varian Delta dan kini tengah diisolasi di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur.

Sekretaris Dinas Kesehatan Kota Cimahi Reri Marliah menjelaskan informasi bermula ketika satu keluarga asal Cimahi akan pulang usai berlibur di Labuan Bajo, NTT. Satu keluarga yang berisikan empat orang itu dinyatakan positif COVID-19 varian Delta.

"Satu keluarga akan bepergian ke Labuan Bajo, pada awal pergi dari bandara swab antigen masih negatif. Setelah akan kembali dari Labuan Bajo, kemudian dilakukan PCR dan hasilnya positif," terang Reri di Pemkot Cimahi, Jumat (21/1/2022).

Mengetahui hal tersebut, kemudian pihaknya melakukan tes kepada tiga orang anggota keluarga yang tidak ikut pergi ke Labuan Bajo. Dari tiga orang tersebut, dua dinyatakan positif COVID-19.

Satu dari dua yang positif merupakan asisten rumah tangga. Karena bergejala, ia pun diisolasi ke Rumah Sakit Mitra Kasih.

"Salah satunya mengalami gejala, batuk, pilek dan sesak nafas. Kemudian dirujuk ke RS Mitra Kasih. Setelah dilakukan pemeriksaan secara medis, ada arah suspect varian Omicron. Kami kirim sampel darahnya ke pusat. Setelah hasil pemeriksaan WGS, hasilnya positif. Dinyatakan positif varian Omicron," tuturnya.

ART tersebut diketahui sudah mengalami pemulihan dan tidak bergejala. Sementara majikannya masih diisolasi di Labuan Bajo.

Reri menuturkan ART tersebut diduga terpapar COVID-19 dari majikannya. Namun, hasil Whole Genome Sequencing (WGS) dari majikannya belum keluar.

"Karena mereka sedang di Labuan Bajo, masih dilakukan pemeriksaan WGS, sampai hari ini belum ada hasilnya. Sementara ART, terpaparnya kemungkinan dari majikannya," ungkap Reri.

Meski diduga tertular dari majikannya, kata Reri, majikan tersebut tidak memiliki riwayat perjalanan dari luar negeri. Untuk sementara, pihaknya menduga bahwa terjadi penularan transmisi lokal varian Omicron.

"Enggak ada riwayat ke luar negeri. Karena saat akan ke labuan bajo negatif. Baru di sana diperiksa kembali hasilnya positif. Mungkin sudah terjadi kontak di rumah ini," ungkapnya.

Saat ini, pihaknya pun terus melakukan tracking kepada kontak erat dari keluarga tersebut sembari menunggu hasil lab Kementerian Kesehatan dari majikan dari ART tersebut.

Simak video 'Data Terkini Kasus Varian Delta-Omicron di Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



(mso/mso)