Seorang Warga Cimahi Terpapar Omicron, Pemkot Telusuri Kontak Erat

Muhammad Iqbal - detikNews
Jumat, 21 Jan 2022 13:19 WIB
Plt Walikota Cimahi Ngatiyana
Plt Walikota Cimahi Ngatiyana (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom)
Cimahi -

Seorang warga Kota Cimahi terpapar virus Corona varian Omicron. Pemkot mengonfirmasi, bahwa penularan ini berasal dari transmisi lokal.

Plt Wali Kota Cimahi Ngatiyana membenarkan informasi tersebut. Ia menyebutkan, bahwa saat ini telah ada satu orang warganya terkonfirmasi positif COVID-19 varian Omicron.

"Kita perlu sampaikan kepada masyarakat bahwa Cimahi mulai hari kemarin, sudah ada yang terpapar COVID 19 varian Omicron. Jumlahnya satu orang," tutur Ngatiyana saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jumat (21/1/2022).

Ngatiyana mengatakan, warganya yang terkonfirmasi COVID-19 varian Omicron berjenis kelamin perempuan. Saat ini, ia tengah melakukan isolasi di Rumah Sakit Mitra Kasih, Kota Cimahi.

"Kondisinya pun sekarang mulai membaik. Karena Omicron ini gejalanya tidak begitu parah, hanya sekitar 5 harian saja," ucapnya.

Pihaknya memastikan bahwa temuan kasus di Kota Cimahi merupakan transmisi lokal. Kemudian, pihaknya pun tengah melakukan tracking kepada mereka yang kontak erat dengan pasien tersebut.

"Kelihatannya tidak dari luar negeri, sedang dilaksanakan tracking. Tahu tahu tadi, batuk pilek, ketika dicek Omicron," ungkapnya.

Atas temuan penularan tersebut, pihaknya meminta agar setiap elemen terus waspada namun tidak panik. Penerapan protokol kesehatan yang ketat harus terus diterapkan.

"Perlu saya sampaikan, kita harus waspada bahwa Omicron sudah masuk ke Cimahi. Meskipun jumlahnya satu, tapi ini merupakan peringatan bagi kita agar terus waspada," pungkasnya.

(yum/bbn)