Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Ciamis Terkendala Izin Ortu

Hakim Ghani, Siti Fatimah, Dadang Hermansyah - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 16:10 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Anak
Foto: Ilustrasi (detikcom).
Ciamis -

Capaian vaksinasi anak usia 6-11 tahun di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat baru mencapai 68,79 persen. Padahal Dinkes Ciamis menargetkan 106.656 anak selesai divaksinasi pada bulan Januari ini.

Ada sejumlah kendala yang membuat capaian vaksinasi anak di Ciamis belum 100 persen. Seperti terkendala izin orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk divaksinasi, tertunda karena sakit dan sebelumnya telah mendapat vaksin BIAS.

"Jadi masih ada orang tua yang tidak mengizinkan anaknya untuk divaksin COVID-19. Ada juga kendala karena sakit saat mau divaksin dan sebelumnya mendapat vaksin BIAS," ujar Kepala Bidang P2P Dinas Kesehatan Ciamis Harun Al Rasyid, Kamis (20/1/2022).

Meski demikian, pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk anak usia 6-11 tahun gencar dilakukan. Dinkes Ciamis kerjasama dengan Polres, Kodim, Disdik dan SKPD lainnya.

"Kita mulai start vaksinasi anak sejak 8 Januari 2022 dan terus melakukan akselerasi vaksinasi usia 6-11 tahun setiap hari di sekolah-sekolah. Terus berlanjut," ungkapnya.

Guna meningkatkan antusiasme vaksinasi anak, pelaksanaan vaksinasi dilakukan di tempat menarik. Seperti di Toserba, Obyek Wisata Ciung Wanara Karangkamulyan, tempat wisata Waterboom.

"Sabtu nanti tanggal 22 Januari 2022 kita akan melaksanakan vaksinasi di Astana Gede Kawali," ungkapnya.

Walaupun terkendala izin orang tua, namun secara umum antusiasme anak dan orang tua cukup baik. Terbukti dalam 10 hari kerja capaian vaksinasi mencapai 6,79 persen. Sehingga pihaknya optimistis di bulan Januari ini bisa selesai.