Tokoh Sunda Minta PDIP PAW Arteria Dahlan

Wisma Putra - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 18:58 WIB
Arteria Dahlan
Foto: Arteria Dahlan (Mochamad Solehudin/detikcom).
Bandung -

Paguyuban Panglawungan Sastra Sunda (PP-SS) meminta DPP PDI Perjuangan agar memberi sanksi kepada Arteria Dahlan. Anggota Komisi 3 DPR RI itu diketahui merupakan kadera PDIP.

Hal itu dipicu ucapan Arteria Dahlan yang meminta Kajati diganti karena berbahasa Sunda saat rapat antara Komisi 3 DPR RI dan Kejaksaan Agung di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (17/1) lalu.

Puluhan tokoh, musisi, seniman dan budayawan Sunda, berkumpul di Perpustakaan Ajip Rosidi, Jalan Garut, Kota Bandung, Rabu (19/1/2022). Mereka, menentang statemen Arteria Dahlan yang mencederai hati masyarakat Sunda.

Dalam pertemuan itu, ada tiga tuntutan yang disampaikan langsung oleh Ketua PP-SP Cecep Burdansyah. "Pertama, DPP PDIP menarik Arteria Dahlan dari keanggotaannya di DPR RI, di PAW lah. Kalau PDIP memikirkan masa depannya, memikirkan partainya terutama di Jabar di tatar Sunda, dia harus mencopot Arteria Dahlan, itu bulat," kata Cecep.

Pihak nya juga minta Mahkamah Kehormatan DPR (MKD) agar melakukan pemeriksaan terhadap Arteria Dahlan. "Kedua, kita minta ke Mahkamah Kehormatan DPR untuk memeriksa Arteria Dahlan, niatnya apa?"

"Ketiga, akan mengkaji dari bidang hukum apakah misalnya pernyatan Arteria itu fitnah tidak ada Kajati yang ngomong pakai Bahas Sunda itu menimbulkan keonaran di masyarakat bisa dikenalan pasal 14 dan 15. Tapi ini akan kita kaji dulu ajukan ke Polda Metro," ucap Cecep menambahkan.

Pernyataan sikap ini dilakukan agar bisa memberikan edukasi kepada siapapun. "Memberikan edukasi, jangan elite politik memberi edukasi ke masyarakat, tapi masyarkaat harus memberi edukasi juga kepada mereka," pungkasnya.

Simak video 'Penampakan Baliho 'Arteria Dahlan Musuh Orang Sunda' di Dekat Gedung Sate':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)