Perjalanan Luar Daerah Picu Penambahan 8 Kasus COVID-19 di KBB

Whisnu Pradana - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 14:15 WIB
Virus Omicron di Indonesia Belum Terdeteksi, Ini Langkah Pencegahan Pemerintah
Ilustrasi virus Corona (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung Barat -

Angka COVID-19 di Kabupaten Bandung Barat (KBB) kembali bertambah sebanyak delapan kasus positif setelah sebelumnya sempat nol kasus di pekan pertama 2022.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Bandung Barat total angka COVID-19 mencapai 19.162 kasus. Rinciannya delapan orang positif aktif, 18.888 orang dinyatakan sembuh, dan 266 orang meninggal dunia.

Juru Bicara Satgas COVID-19 Bandung Barat Agus Ganjar Hidayat mengatakan penambahan kasus positif tersebut berasal dari transmisi perjalanan luar daerah yang dilakukan masyarakat pada awal 2022. "Betul sekarang ada penambahan delapan kasus. Kalau dari informasi Dinas Kesehatan itu bukan transmisi lokal, melainkan dari mobilitas penduduk yang berpergian ke luar daerah," ujar Agus, Kamis (20/1/2022).

Saat ini delapan orang yang positif COVID-19 itu sedang menjalani perawatan, enam orang isolasi mandiri serta dua orang lagi dirawat di rumah sakit. "Jadi ada yang isoman dan di rumah sakit. Tapi kalau rumah sakit mananya kami belum dapat informasi, yang jelas sudah mendapatkan penanganan," tutur Agus.

Ia meminta agar masyarakat tidak memaksakan kehendak untuk melakukan perjalanan ke luar daerah di tengah potensi lonjakan kasus COVID-19 khususnya varian Omicron. "Kami imbau untuk tidak berpergian dulu apalagi tidak mendesak. Kalau memang urgent, tentunya harus membawa surat bebas COVID-19. Kemudian selalu kami ingatkan juga agar tetap menerapkan protokol kesehatan dengan ketat," ujar Agus

(bbn/mso)