Pemkot Cimahi Tiadakan Penerimaan CPNS Tahun 2022, Ngatiyana: Kita Ikuti Pusat

- detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 14:45 WIB
Pemerintah Kota Cimahi tidak akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2022.
emerintah Kota Cimahi tidak akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2022. (Foto: Muhammad Iqbal/detikcomP)
Cimahi -

Pemerintah Kota Cimahi tidak akan menerima Calon Pegawai Negeri Sipil pada tahun 2022. Pasalnya, pada tahun tersebut Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) telah memutuskan akan meniadakan seleksi CPNS 2022.

Plt. Wali Kota Cimahi Ngatiyana menuturkan, pihaknya akan mengikuti instruksi dari pusat terkait peniadaan CPNS 2022.

"Kita ikuti saja dari pusat, kalau alokasi penerimaan hanya PPPK kita ikuti saja. Kita mengacu kepada provinsi, pusat. Kalau pusat menginstruksikan begitu, ya kita ikuti," ucapnya kepada detikcom usai memberikan pengarahan kepada sejumlah calon PPPK Guru di Techno Park, Cimahi, Kamis (20/1/2022).

Meski demikian, ia pun mengaku bahwa jumlah ASN di Kota Cimahi masih dinilai kurang. Terakhir, sebanyak 180 Calon PPPK Guru Kota Cimahi mengikuti tahapan pemberkasan usul nomor Induk PPPK.

"Ya masih kurang, tapi tidak apa apa," katanya lagi.

Meski CPNS 2022 ditiadakan, seleksi bagi calon PPPK di tahun 2022 tetap ada. Ngatiyana menuturkan, pihaknya akan memanfaatkan peluang tersebut untuk memenuhi kebutuhan ASN di Kota Cimahi.

"CPNS 2022 tidak menerima tapi P3K tetap melakukan. Nanti tahun ini juga akan dilakukan penerimaan lagi," tuturnya.

Di lain kesempatan, Ngatiyana memberikan wejangan kepada para calon P3K Guru. Ngatiyana meminta agar para tenaga pengajar dapat memberikan kontribusi dan tidak menuntut jabatan.

"Saya sampaikan kepada mereka agar bekerja secara jujur, ikhlas dan mau melayani kepada masyarakat," katanya.

"Dan saya katakan tadi, jangan tanyakan apa yang telah diberikan oleh negara kepada saya, tetapi harus balik, apa yang kita berikan kepada negara ini," lanjutnya.

Selain itu, ia berharap, dari para guru tersebut dapat menciptakan Sumber Daya Manusia yang unggul. Pasalnya, SDM menjadi tulang punggung bagi kemajuan Kota Cimahi ke depan.

"Karena di Cimahi tidak memiliki sumber daya alam, maka sumber daya manusianya lah yang kita kejar. Saya titipkan kepada ASN tenaga pendidik ini agar kita semua mentransfer ilmunya kepada peserta didik, agar nantinya menjadi orang orang yang memiliki pendidikan tinggi dan pengetahuan tinggi. Sehingga bisa dijual atau diadu dengan daerah lain, bahwa Cimahi memiliki potensi," pungkasnya.

(Muhammad Iqbal/bbn)