Duh! Harga Minyak Goreng di Majalengka-Purwakarta Masih Tinggi

Yuga Hassani, Dian Firmansyah, Bima Bagaskara - detikNews
Kamis, 20 Jan 2022 14:25 WIB
Ilustrasi minyak goreng
Foto: Ilustrasi (Istimewa).
Majalengka -

Pemerintah telah menurunkan harga minyak goreng menjadi Rp 14.000 per liter. Sayangnya, minyak goreng dengan harga tersebut belum ditemukan di pasar tradisional yang ada di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat.

Pantauan detikcom di Pasar Tradisional Sindangkasih, Cigasong, Majalengka minyak goreng kemasan 1 liter berbagai merek masih berada di kisaran harga Rp 19 ribu hingga Rp 20 ribu.

Rata-rata para pedagang di Pasar Sindangkasih ini masih menjual minyak goreng kemasan yang merupakan produk lama. Seperti yang dijual Momoh, salah seorang pedagang.

"Masih jual yang lama, harganya ya harga lama. Belum ada yang 14 ribu," kata Momoh, Kamis (20/1/2022).

Namun, Momoh mengaku telah merasakan dampak beredarnya minyak goreng dengan harga Rp 14 ribu tersebut. Menurutnya penjualan minyak goreng mulai mengalami penurunan sejak kemarin.

Bahkan tidak sedikit pembeli yang datang menanyakan minyak goreng yang dijual seharga Rp 14 ribu. "Mulai turun penjualan pada tanya yang harga terbaru itu. Kalau kami masih jual di harga normal, Rp 19-Rp 20 ribu per liter. Kalau yang curah Rp 19 ribu," ujarnya.

Sementara itu pengelola Pasar Tradisional Sindangkasih, Supriadi mengungkapkan sejak Rabu kemarin harga minyak goreng belum ada perubahan signifikan pasca penurunan harga yang ditetapkan pemerintah.

"Tadi kita sudah monitoring ke beberapa toko yang ada di pasar tradisional. Untuk harga minyak yang bermerek masih Rp 20 ribu per liter . Sedangkan untuk yang curah harga Rp. 19.500 per liter,"ucapnya.