Ini 3 Nama Calon yang Akan Bertarung di Pemilihan Rektor Unsil

Faizal Amiruddin - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 20:55 WIB
Anggota senat dan bakal calon rektor Unsil berfoto usai penyampaian visi misi
Foto: Anggota senat dan bakal calon rektor Unsil berfoto usai penyampaian visi misi (Faizal Amiruddin/detikcom).
Tasikmalaya -

Sidang senat Universitas Siliwangi (Unsil) Tasikmalaya menetapkan 3 orang calon rektor dari 7 orang bakal calon yang sebelumnya mendaftar di pemilihan rektor. Pemilihan dan penetapan calon rektor Unsil itu dipilih melalui voting 25 orang pemegang hak suara atau senat Unsil.

Hasilnya Nundang Busaeri berhasil meraup 10 suara. Gumilar Mulya 6 Suara, Iis Marwan 5 suara serta Muradi 4 suara.

Sementara tiga bakal calon lain, yakni Nandang Alamsyah Delianoor, Tommy Apriantono serta Supratman tidak memperoleh suara.

Dengan hasil itu maka tiga orang yang terpilih menjadi calon rektor Unsil adalah Nundang Busaeri, Gumilar Mulya dan Iis Marwan.

Sidang senat tersebut digelar setelah beberapa jam sebelumnya panitia menggelar penyampaian visi misi bakal calon, Rabu (19/1/2022).

Ketiga calon rektor Unsil itu merupakan calon dari internal Unsil. Sementara bakal calon dari eksternal Unsil yakni Muradi, Nandang Alamsyah dan Tommy Apriantono, semuanya kandas.

Setelah ditetapkan menjadi calon, tahapan penentuan dari tiga besar menjadi rektor terpilih akan digelar antara tanggal 27 Januari sampai 5 Februari.

"Untuk jadwal penentuannya kami menunggu konfirmasi dari Kemendikbud Ristek, " ujar Ketua Senat Unsil Deden Mulyana didampingi Sekretaris Senat Iwan Wisandani usai sidang senat.

Dia menjelaskan sidang senat untuk memilih 3 calon rektor itu semula dilakukan dengan mengedepankan musyawarah guna mencari kata sepakat. Namun, hal itu tak bisa terealisasi. Sehingga diputuskan pemilihan dilakukan dengan voting atau pemungutan suara.

Dihubungi terpisah, Gumilar Mulya dan Iis Marwan bersyukur atas hasil tersebut. Bagi mereka, merupakan hasil dari ikhtiar yang selama ini dilakukan.

"Alhamdulillah sesuai dengan target," ujar Gumilar. Mereka berharap tahapan selanjutnya tetap berjalan lancar dan kondusif.

Sementara itu Muradi, bakal calon ekternal dari Unpad Bandung mengaku tak mempersoalkan hasil tersebut. Dia mengaku sudah berupaya maksimal, menawarkan gagasan, pemikiran dan solusi untuk kemajuan Unsil.

"Ya nggak apa-apa. Tugas kita kan hanya ikhtiar. Soal hasilnya kan itu menjadi ranah para senator Unsil serta tentu saja takdir Allah SWT," ujar Muradi.

(mso/mso)