Berumput Impor, Stadion RAA Adiwijaya Garut Tampung 14 Ribu Penonton

Hakim Ghani - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 19:22 WIB
Stadion RAA Adiwijaya Garut
Stadion RAA Adiwijaya Garut (Foto: Hakim Ghani/detikcom)
Garut -

Stadion RAA Adiwijaya Garut diproyeksikan rampung dibangun tahun ini. Stadion dengan rumput impor ini diklaim mampu menggelar pertandingan Liga 1.

Stadion RAA Adiwijaya dibangun sejak tahun lalu di kawasan komplek Sarana Olahraga (SOR) Merdeka, Jalan Proklamasi, Kecamatan Tarogong Kidul. Proses pembangunan ditargetkan rampung tahun ini.

Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan saat ini tahap satu pembangunan meliputi lapangan dan lintasan atletik sudah rampung. Pemkab Garut saat ini berupaya menggeber tahap dua pembangunan, yakni pembuatan tribun dan finishing.

"Untuk tribun minggu depan kita lelang. Target jadinya tahun ini," kata Rudy, Rabu (19/1/2022).

Stadion RAA Adiwijaya akan digunakan untuk kandang tim kebanggaan warga Garut Persigar yang kini bermain di Liga 3 Indonesia. Pemda Garut sendiri menggelontorkan dana Rp 16 miliar untuk membangun stadion yang diklaim laik digunakan untuk pertandingan sepak bola liga utama di Indonesia.

Rudy Gunawan menjelaskan Stadion RAA Adiwijaya akan memiliki kapasitas tribun 14 ribu penonton dan mirip Stadion I Wayan Dipta, Bali. "Kapasitasnya 14 ribu penonton. Nanti mirip I Wayan Dipta Bali. Semua tribun terbuka hanya tribun utama saja yang tertutup," kata Rudy.

Lapangan stadion berkelas internasional ini sudah ditanami rumput. Sekeliling stadion juga sudah dibatasi pagar.

Rumput stadion ini diketahui diimpor dari Australia.Menurut pengelola, rumput akan terlihat menutupi semua permukaan dalam waktu 3 hingga 6 bulan ke depan.

Selain memiliki rumput berstandar internasional, kata Rudy, stadion ini juga dilengkapi dengan lintasan lari yang juga bertaraf internasional.

"Kita akan daftarkan juga ke asosiasi supaya tersertifikasi," ujar Rudy.

(bbn/bbn)