Titah AHY ke Kader Demokrat Jabar Jelang Pemilu 2024

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 16:27 WIB
Musda ke-5 Partai Demokrat di Hotel Grand Preanger, Bandung
Musda ke-5 Partai Demokrat di Hotel Grand Preanger, Bandung (Foto: istimewa)
Bandung -

Partai Demokrat bersiap untuk menyongsong Pemilu 2024. Kader di Jabar diminta untuk solid dan siap mengembalikan kejayaan partai berlambang Mercy tersebut. Titah itu diungkapkan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) saat pembukaan musyawarah daerah (Musda) Demokrat Jabar pada Rabu (19/1/2022). AHY menyampaikan pesan itu melalui virtual.

"Dengan kompak dan bersatu, kita bisa menghadapi segala rintangan. Semua itu sudah kita lalui bersama-sama," ucap AHY.

AHY mengatakan pelaksanaan Musda di Jabar diharapkan mampu melahirkan ide dan gagasan guna menghadapi Pemilu 2024. Sebab, kata AHY, Jabar memiliki potensi besar untuk mendulang suara bagi Demokrat.

"Kita harapkan Musda dapat melahirkan ide, gagasan dan konsep bagaimana punya visi dan misi membesarkan partai. Apalagi menghadapi Pemilu 2024," tutur AHY.

"Jawa Barat sebagai partai pemenang. Musda ke-5 harus menjadi momentum agar Demokrat semakin solid dan siap memiliki kekuatan mencapai target politik kita," kata AHY menambahkan.

AHY menjelaskan bila dalam politik partainya mengedepankan kepentingan rakyat. Bahkan sejak lama, Demokrat menggaungkan berkoalisi dengan rakyat.

"Berbicara partai politik, bahwa Partai Demokrat untuk memperjuangkan harapan rakyat. Kita gelorakan Partai Demokrat berkoalisi dengan rakyat, dengan aksi nyata. Salah satu contoh awal masa pandemi covid gerakan peduli corona, turun langsung ke masyarakat memberikan bantuan," kata dia.

DPD Demokrat Jabar tengah menggelar Musda guna menyongsong Pemilu 2024. Musda partai berlambang Mercy ini akan dilakukan di Bandung pada 18-19 Januari 2022. Musda tersebut sesuai dengan surat Pemberitahuan dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrat Nomor : 01/BPOKK/DPP-PD/I/2022 tentang pemberitahuan pelaksanaan Musda Provinsi Jawa Barat tertanggal 14 Januari 2022.

"Musda dalam rangka adalah ajang untuk melaksanakan konsolidasi di tingkat daerah dalam rangka jelang Pemilu 2024. Setelah Musda DPD selanjutnya mempunyai agenda Musyawarah Cabang di tingkat DPC, kemudian musyarawah di tingkat pengurus ranting," ucap Wakil Ketua DPD Demokrat Jabar Asep Wahyuwijaya dalam keterangannya.

Asep menjelaskan ada tiga poin tujuan diselenggarakannya Musda Demokrat Jabar ini yakni sebagai momentum konsolidasi memperkuat dan mensolidkan struktur kepartaian mengahadapi momentum Politik, harmonisasi ide serta gagasan kader menghadapi arah pembangunan partai hingga ajang rekonsiliasi dalam menyatukan perbedaan pandangan.

Sehingga, kata Asep, ketiga aspek itulah yang membedakan dengan Musda-musda sebelumnya. Menurutnya selain menjadi forum musyawarah yang bersifat strategis dalam menentukan arah kebijakan partai kedepan.

Selain itu, Musda juga digelar untuk mencari Ketua DPD Demokrat Jabar yang baru. Diketahui, ada dua nama yang akan maju yakni incumbent Irfan Suryanegara dan anggota DPR RI Anton Suratto.

"Mudah-mudahan penyelenggaraan Musda ini berjalan lancar, demokratis, bermartabat juga membawa kebaikan, keberkahan dan kemajuan untuk Partai Demokrat dan seluruh masyarakat Jawa Barat," kata dia.

(yum/bbn)