Miris 'Wajah' Kota Cimahi Dipenuhi Coretan Vandalisme

Muhammad Iqbal - detikNews
Rabu, 19 Jan 2022 10:02 WIB
Coretan Vandalisme menghiasi infrastruktur di Kota Cimahi
Coretan Vandalisme menghiasi infrastruktur di Kota Cimahi (Foto: Muhammad Iqba;/detikcom)
Jakarta -

Vandalisme atau coretan pada fasilitas umum di Kota Cimahi nampak bertebaran di beberapa titik. Bukan saja pada tembok, sejumlah fasilitas seperti pot beton untuk tanaman, rambu jalan dan pos polisi tidak luput jadi sasaran vandalisme.

Seperti pantauan detikcom dari Jalan Raya Barat - Jalan Raya Cimindi - Jalan Raya Cibeureum yang berjarak kurang lebih 7 kilometer. Atau juga dari batas Cimahi dengan Kabupaten Bandung Barat hingga batas Cimahi dengan Kota Bandung.

Jalan tersebut merupakan jalan utama bagi pengendara yang akan menuju Kota Bandung maupun KBB. Jalan dan bangunan di sekitar jalan itu pun menjadi wajah dari Kota Cimahi.

Titik awal dari arah barat, pemandangan vandalisme terlihat pada sebuah gapura sebuah gang yang berada di sisi kanan dan kiri jalan. Gapura yang berwarna oranye dengan logo Kota Cimahi nampak dipenuhi dengan tulisan bekas cat semprot.

Salah satu coretan cat semprot itu bertulisan 'Hap Hap'. Bukan hanya satu, coretan dengan tulisan sama pun nampak di beberapa gapura, terhitung lebih dari lima gapura.

Bukan hanya gapura, sebuah pos polisi yang berada di pertigaan antara Jalan Raya Barat - Jalan Raya Sangkuriang pun tidak luput jadi korban vandalisme. Cat semprot berwarna hijau itu nampak jelas berbekas pada kaca pos polisi.

Kemudian, barisan pot berbahan beton yang berbaris di atas trotoar pun menjadi sasaran empuk pihak tidak bertanggung jawab.

Coretan Vandalisme menghiasi infrastruktur di Kota CimahiCoretan Vandalisme menghiasi infrastruktur di Kota Cimahi Foto: Muhammad Iqba;/detikcom

Selain itu, kolong jembatan tol yang berada tidak jauh dari Fly Over Cimindi pun nampak dipenuhi coretan. Coretan tersebut membuat taman yang berada di bawah kolong jembatan tersebut tidak rapi seperti awal dibuat.

"Ya sayang aja begitu jadi kurang sae (kurang bagus)," ucap Akob (50) saat berbincang dengan detikcom.

Pemandangan tidak jauh berbeda juga terlihat di bawah Fly Over Cimindi. Ada belasan coretan di setiap sudut jembatan. Seperti tulisan, 'Melawan Ketidak Adilan=Halal'.

Meski begitu, ada beberapa mural yang menghiasi jembatan Fly Over Cimindi. Setidaknya, mural tersebut memberi warna berbeda bagi pengemudi atau warga setempat.

Lalu, pemandangan beralih pada tugu bertuliskan Kota Cimahi yang tidak jauh dari batas kota antara Cimahi dan Bandung.

Namun sayang, beberapa coretan menghiasi tugu tersebut. Di mana terlihat coretan di bawah beberapa tugu bambu yang berundak.

"Ini kan fasilitas umum, seharusnya bisa dijaga bersama supaya tetap indah," tuturnya.

Hal ini selayaknya menjadi perhatian khusus oleh Pemerintah Kota Cimahi. Terlebih, jalur dari batas KBB - batas Kota Bandung dan bangunan di sekitarnya merupakan wajah dari Kota Cimahi.

(yum/bbn)