Api Hanguskan Rumah Panggung di Ciamis

Dadang Hermansyah - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 17:18 WIB
Kondisi rumah Samiah nyaris rata dengan tanah usai dilahap kobaran api
Rumah Samiah nyaris rata dengan tanah usai terbakar di Rajadesa, Ciamis (Foto: istimewa)
Ciamis -

Sebuah rumah panggung milik Samiah di Dusun Pabuaran, Desa Sirnajaya, Kecamatan Rajadesa, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat terbakar. Kondisi rumah lansia berusia 70 tahun itu nyaris rata dengan tanah.

Musibah itu terjadi pada Selasa (18/1/2022) siang. Saat itu, Nenek Samiah sedang pergi ke kebun. Setelah lama ditinggalkan api muncul hingga membakar seluruh bagian rumah beserta isinya.

Kepala UPT Damkar Ciamis membenarkan kejadian tersebut. Diperkirakan api berasal dari tungku di bagian dapur. Pemilik rumah diduga lupa mematikan tungku setelah selesai memasak.

"Kejadian kebakaran ini saat pemilik rumah pergi ke kebun. Kemungkinan api masih menyala di tungku, kemudian menyambar bagian rumah yang terbuat dari kayu dan bambu hingga akhirnya api membesar membakar seisi rumah," ujar Wawan.

Ketika api membesar, pemilik rumah maupun warga tak bisa berbuat banyak meski berusaha memadamkan api, lantaran api langsung melalap rumah yang hampir semua terbuat dari kayu dan bambu itu.

"Pemilik rumah mengalami kerugian sekitar Rp 35 juta. Di dalam rumah yang ikut terbakar padi sebanyak 3 kuintal, beras 50 kilogram, emas setengah gram dan uang Rp 100 ribu," ucapnya.

Warga bersama Pemerintah Kecamatan Rajadesa, Perangkat Desa Rajadesa, TNI-Polri dan Damkar Rancah Langsung melakukan gotong royong membereskan sisa-sisa rumah yang terbakar. Sementara nenek Samiah sementara mengungsi di rumah kerabatnya.

(yum/bbn)