Vaksinasi Anak di Sukabumi Belum Sesuai Target, Ini Alasannya

Siti Fatimah - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 17:00 WIB
Ilustrasi Vaksinasi Anak
Foto: Ilustrasi vaksinasi anak (detikcom).
Sukabumi -

Vaksinasi COVID-19 pada anak berusia 6-11 tahun di Kota Sukabumi belum mencapai target. Awalnya, Pemerintah Kota Sukabumi menargetkan vaksinasi yang menyasar sekitar 30-an ribu anak itu selesai pada hari ini, Selasa (18/1/2022).

"Targetnya hari ini kita bisa selesaikan vaksinasi anak. Tapi kemarin malam datanya belum bisa kita masukkan ke KPCPN. Jadi untuk hari ini kita belum bisa dapat laporannya karena terkendala jaringannya bermasalah," kata Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi.

Dia mengatakan target vaksinasi anak pun akan dimajukan hingga pekan ini. "Tentunya kita ingin ketika tidak tercapai tanggal 18 ini kita berharap pekan ini anak-anak usia sekolah usia 6-11 tahun sudah tervaksinasi semua," katanya.

Saat ditanya mengenai stok vaksin anak yaitu AstraZeneca dan Sinovac, Fahmi memastikan kebutuhan vaksin bagi anak-anak di Sukabumi aman dan terkendali.

"Stok vaksin aman, termasuk untuk booster juga aman," tuturnya.

Dikonfirmasi secara terpisah, Juru Bicara Satgas COVID-19 Kota Sukabumi Wahyu Handriana mengatakan, berdasarkan data terbaru KPCPN capaian vaksin anak di Kota Sukabumi masih kurang 40 persen. Pihaknya mengakui, telah mengunjungi seluruh sekolah untuk upaya percepatan vaksinasi tersebut.

"(Capaian vaksin hari ini) 60 persen. Hari ini semua sekolah sudah dikunjungi," kata Wahyu melalui pesan singkatnya.

Dia mengatakan terdapat beberapa faktor yang memperlambat pemberian vaksin COVID-19 pada anak. Faktor utamanya karena kondisi fisik siswa.

"Masih banyak yang belum tervaksin karena beberapa hal. Terbanyak, ditunda karena sedang demam atau sedang sakit," ujarnya.

(mso/bbn)