Pemkab Pandeglang Bahas Usulan Mensos soal Relokasi Warga Pesisir

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 18 Jan 2022 16:37 WIB
Rumah warga di Pandeglang rusak akibat gempa M 6,6
Rumah warga di Pandeglang rusak akibat gempa M 6,6. (Foto: Dok. Humas BNPB)
Pandeglang -

Pemkab Pandeglang mulai membahas usulan Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Risma mengenai opsi relokasi untuk rumah warga pesisir ke dataran yang lebih tinggi. Pemkab mulai memetakan agar pemukiman penduduk di sana bisa aman dari potensi gempa dan tsunami yang akan terjadi di wilayah Selat Sunda.

"Iya tadi sudah masuk dalam pembahasan rapat soal relokasi itu. Soalnya dari Ibu Bupati juga menginginkan hal itu (relokasi) dapat dilaksanakan," kata Plt Kepala Pelaksana BPBD dan Damkar Pandeglang Girgi Jantoro saat berbincang dengan detikcom di Gedung Setda Pandeglang, Selasa (18/1/2022).

Girgi menjelaskan, dalam rapat pembahasan tadi, Pemkab Pandeglang akan memetakan ke mana titik relokasi bagi warga pesisir. Sejumlah opsi pun sudah disampaikan, di antaranya menggunakan lahan Perhutani yang berada di kasawan Taman Nasional Ujung Kulon (TNUK).

"Misalnya menggunakan lahan Perhutani, kan di situ kami rasa cukup aman. Itu nanti akan dibahas lagi pada rapat selanjutnya," tuturnya.

Pihaknya belum menghitung berapa jumlah pemukiman penduduk yang masuk rencana relokasi tersebut. Tapi, Pemkab Pandeglang memprioritaskan warga yang berada di wilayah Kecamatan Sumur untuk direlokasi pertama dalam rencana itu.

"Kalau prioritas (kecamatan) Sumur dulu, episentrum dari gempa sama potensi Megathrust kan adanya di sekitar Sumur. Sehingga memang prioritasnya Sumur dulu, kalau untuk jumlah belum dibahas, nanti di rapat selanjutnya baru kami bahas lagi," kata Girgi.

Sekadar diketahui, Mensos Risma meninjau permukiman penduduk yang terdampak gempa Banten 6,6 M di Desa Tamanjaya, Kecamatan Sumur, Pandeglang. Di sana, ia mengusulkan agar rumah-rumah warga di sana bisa direlokasi ke dataran yang lebih tinggi untuk mencegah potensi gempa dan bencana tsunami.

(bbn/mso)