RS Gunung Jati Cirebon Siapkan Ruang Isolasi Pasien Terpapar Omicron

Sudirman Wamad - detikNews
Senin, 17 Jan 2022 16:11 WIB
RS Gunung Jati
Ruang isolasi di RS Gunung Jati Cirebon. (Foto: Sudirman Wamad/detikcom)
Cirebon -

Rumah Sakit (RS) Gunung Jati Kota Cirebon menyediakan ratusan tempat tidur untuk menghadapi ancaman lonjakan pasien COVID-19 varian Omicron.

Direktur RS Gunung Jati Katibi menjelaskan pihaknya menyiapkan sejumlah ruangan antara lain ruang pasien flu burung dan teratai. Kartibi mengatakan ruang flu burung dikhususkan untuk mengisolasi pasien COVID-19 varian Omicron.

"Kapasitas ruang flu burung hanya enam bed. Kalau ruang flu burung sudah 80 persen, maka ruangan lainnya seperti teratai satu bersiap. Di situ (teratai) ada 32 bed," kata Kartibi di RS Gunung Jati, Senin (17/1/2022).

Kartibi menuturkan tak hanya ruang flu burung dan teratai, ruangan lainnya juga disiapkan ketika dua ruang itu penuh. Antara lain ruangan Prabu Siliwangi dengan kapasitas 96 bed dan eks IGD dengan kapasitas 16 bed.

RS Gunung Jati siap menyediakan sejumlah ruangan untuk menangani pasien COVID-19 Omicron. "Kami terakhir merawat pasien COVID-19 itu pada November 2021. Kemudian (ruangan) kosong, sempat ada pasien pada tanggal 3 hingga 11 Januari. Sampai saat ini tidak ada pasien lagi," ucapnya.

"Pada prinsipnya kami siap melayani pasien Omicron itu, jika ada," kata Kartibi menambahkan.

Tenaga kesehatan (nakes) yang bertugas di RSD Gunung Jati sebanyak 200 orang, termasuk dokter spesialis dan umum. Hingga saat ini pihaknya bersiaga dan terus berupaya meningkatkan kompetensi nakes.

(bbn/bbn)