Vaksinasi Booster di Banten Dimulai di Tangerang Raya dan Serang

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Rabu, 12 Jan 2022 09:17 WIB
RI rencanakan pemberian vaksin COVID-19 dosis ketiga sebagai booster mulai Januari 2022. Vaksin booster itu nantinya akan diberikan secara gratis dan berbayar.
Ilustrasi vaksinasi COVID-19 (Foto: Agung Pambudhy)
Serang -

Vaksinasi lanjutan atau booster di Provinsi Banten dimulai di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Serang per hari ini.

Hanya empat daerah ini yang bisa memberikan vaksin booster karena dosis vaksin primer (dosis pertama-kedua) dan capaian vaksinasi lansia melampaui target.

"Untuk booster 18 tahun ke atas baru biasa diakses pada masyarakat yang berdomisili di Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Tangsel dan Kabupaten Serang," kata Kadinkes Banten Ati Pramudji Hastuti, Serang, Rabu (12/1/2022).

Tapi, Ati mengatakan, untuk kategori lansia, masyarakat rentan, dan masyarakat dengan kerentanan sistem imun bisa mendapat vaksin lanjutan ini di seluruh puskesmas yang ada di Banten yang jumlahnya 246 dan seluruh rumah sakit umum. Syaratnya mereka sudah melakukan vaksin primer secara lengkap.

"Artinya yang sudah vaksin dosis pertama dan kedua. Kedua dari suntikan dosis primer terakhir yaitu setelah 6 bulan baru bisa mendapatkan vaksinasi booster," ungkapnya.

Pemberian vaksinasi lanjutan ini ia tegaskan bisa diakses seluruh masyarakat dan gratis. Ia mengajak khususnya yang masuk kategori di atas bisa melakukan vaksinasi di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di seluruh Provinsi Banten.

Ati melanjutkan, ada alasan kenapa vaksin booster baru bisa dilakukan di Tangerang Raya dan Kabupaten Serang. Empat daerah itu menurutnya sudah mencapai 70 persen vaksinasi dosis pertama untuk usia 18 tahun ke atas dan 60 persen untuk vaksinasi dosis ke lansia.

Syarat-syarat itu juga berlaku untuk suatu daerah melakukan vaksinasi untuk anak usia 6-11 tahun.

"Kebuapaten kota lainnya diharapkan dapat terus melakukan vaksinasi untuk vaksinasi primer khususnya di lansia. Sehingga capaiannya tentu bisa mencapai yang diharapkan 70 persen dosis pertama dan lansia 60 persen," ungkapnya.

Simak Video 'Cara Cek Jadwal-Lokasi Vaksin Booster di PeduliLindungi':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)