Pejabat BPK Jabar Gadungan Tipu Warga

Whisnu Pradana - detikNews
Selasa, 11 Jan 2022 23:02 WIB
Poster
Ilustrasi kasus penipuan. (Ilustrator: Edi Wahyono)
Bandung Barat -

Ulah jahat Fikri Hidayat (27) dibongkar polisi. Lelaki tersebut melakoni aksi penipuan dan penggelapan. Modusnya mengaku sebagai Kepala Audit Fungsional Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Jawa Barat.

Sejumlah orang menjadi korban. Aksi terakhir Fikri menipu seorang warga Cilame, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kapolres Cimahi AKBP Imron Ermawan mengatakan modus yang dilakukan pelaku yakni dengan menawarkan bisnis yang menggiurkan pada korbannya. Dalam hal ini, korban tergiur dengan bualan pelaku. Dia lantas memberikan sebesar Rp 179.270.000 untuk investasi.

Namun beberapa waktu berselang, tak kunjung ada kabar dari pelaku. Ditambah nomor ponsel dan WhatsApp pelaku sulit dihubungi karena kontak korban langsung diblokir.

"Awalnya ini dari tawaran bisnis sampai korban tergiur dan memberikan uang. Tapi korban curiga karena hal yang dijanjikan pelaku tidak dipenuhi. Kemudian korban mengecek ke kantor BPK, ternyata benar pelaku atas nama Fikri tidak bekerja di sana," ucap Imron kepada wartawan saat gelar perkara di Mapolres Cimahi, Selasa (11/1/2022).

Setelah itu, korban melaporkan penipuan tersebut ke Polres Cimahi. Polisi menyelidiki dan menangkap pelaku di kontrakannya, Jalan Maleber, Kota Bandung.