Sahrul Gunawan Disorot Gegara Jaket Golkar, Begini Kiprah Politiknya

Yuga Hassani - detikNews
Senin, 10 Jan 2022 16:24 WIB
Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan
Bupati Bandung Dadang Supriatna (kiri) dan wakilnya Sahrul Gunawan. (Foto: Muhammad Iqbal/detikcom))
Bandung -

Wakil Bupati Bandung Sahrul Gunawan menjadi sorotan usai fotonya yang berjaket Golkar viral di media sosial. Jauh sebelum masuk ke dunia politik, pria yang akrab disapa Alul itu lebih dulu moncer di panggung hiburan.

Nama pria kelahiran Bogor 23 Mei 1976 itu melambung setelah membintangi sinetron 'Jin dan Jun'. Citra Sahrul sebagai pemuda tampan dan cerdik pun melekat berkat peran Jun yang diperankannya. Kemudian, ia juga membintangi sinetron 'Tali Kasih' dan beradu peran dengan Agnes Mo dalam sinetron 'Pernikahan Dini'.

Kariernya tak hanya terbatas di layar kaca. Sahrul juga mencoba peruntungannya di dunia tarik suara dan mengeluarkan beberapa album. Selain itu, ia juga menggeluti bisnis travel haji dan umrah di bawah bendera AFI Tour dengan brand Sakinah Group (SG Travel).

Kiprahnya di dunia politik baru datang pada tahun 2014 silam. Pada saat itu dirinya ditawari menjadi wakil wali Kota Bogor berpasangan dengan Ahmad Ruhiyat dari Fraksi PKS.

Namun pada saat itu, Sahrul menolak tawaran tersebut. Karena ada 'hal lain' yang membuatnya tidak bisa mengambil tawaran tersebut. Hingga akhirnya, pada 2019, Sahrul mencoba untuk menduduki kursi legislator di Senayan.

Bersama NasDem, kala itu ia meraup 14.941 suara. Posisinya berada di bawah Ravindra Airlangga (anak Airlangga Hartarto) dari Golkar yang berhasil meraih 57.584, dan Faldo Maldini dari PAN yang meraih 37.854 suara.

Tidak kapok, Sahrul kembali mencoba peruntungannya dalam dunia politik untuk menjadi calon wakil bupati Bandung pada Pilkada tahun 2020. Sahrul Gunawan mendampingi Dadang Supriatna dalam menakhodai Kabupaten Bandung. Mereka berhasil menang dan langsung ditetapkan melalui surat keputusan KPU Kabupaten Bandung nomor 18/PL.02.7-Kpt/3024/Kab/III/2021.