Soal Penangguhan Penahanan Habib Bahar, Polisi: Masih dalam Pertimbangan

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 16:50 WIB
Habib Bahar bin Smith ditahan sebagai tersangka usai diperiksa selama berjam-jam oleh penyidik Polda Jawa Barat. Bagaimana reaksi pengacara?
Foto: Habib Bahar bin Smith (Dony Indra Ramadhan/detikcom).
Bandung -

Polda Jawa Barat belum memberi keputusan terkait penangguhan penahanan Habib Bahar bin Smith. Bahar saat ini ditahan usai jadi tersangka penyebaran berita bohong saat ceramah di Bandung.

"Sampai saat ini masih dalam pertimbangan," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Ibrahim Tompo di Mapolda Jabar, Jalan Soekarno-Hatta, Kota Bandung, Jumat (7/1/2022).

Namun, kata Ibrahim, mengingat perkara ini masih didalami, keberadaan Bahar di Polda Jabar masih diperlukan. Akan tetapi, soal penangguhan ini tergantung dari penyidik.

"Tetapi mengingat dari penyelesaian progres penyidikannya memang keberadaan tersangka masih dibutuhkan untuk keterangan-keterangan, terlepas pertimbangan penyidik nantinya," kata dia.

Oleh karena itu, kata dia, pengajuan penangguhan penahanan ini masih dalam pertimbangan tim penyidik. Sejauh ini penyidik belum memberi keputusan soal penangguhan tersebut.

"Iya jadi belum ada keputusan mengabulkan atau menolak dari penyidik," tuturnya.

Sebelumnya, Polda Jawa Barat menetapkan Habib Bahar bin Smith sebagai tersangka kasus penyebaran berita bohong. Bahar jadi tersangka usai menjalani pemeriksaan berjam-jam.

Penetapan tersangka terhadap Bahar sendiri dinyatakan telah sesuai dengan hasil penyidikan dan pemeriksaan ditambah dua alat bukti yang sah di dapat oleh penyidik Polda Jabar.

Bahar diperiksa berkaitan dengan laporan yang awalnya dilaporkan ke Polda Metro Jaya dengan nomor laporan polisi bernomor B 6354/12/2021 SPKT PMJ 2021.

Bahar sendiri memenuhi panggilan penyidik Polda Jabar untuk hadir menjalani pemeriksaan. Dia datang sekitar pukul 12.15 WIB didampingi tim kuasa hukumnya.

Dia dijerat Pasal 14 ayat 1 dan 2 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana juncto Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 15 UU Nomor 1 tahun 1946 tentang peraturan hukum pidana juncto Pasal 55 KUHP dan atau Pasal 28 ayat 2 juncto 45 a UU ITE juncto Pasal 55 KUHP.

Pengacara Habib Bahar, Ichwan Tuankotta mengatakan pihaknya telah mengajukan penangguhan penahanan.

"Kita langsung membuat surat penangguhan penahanan dilampiri surat jaminan kepada penyidik Polda Jabar," kata Ichwan kepada wartawan, Selasa (4/1/2022).

(dir/mso)