Satpol PP Bogor Segel Eks Bioskop Presiden

ADVERTISEMENT

Satpol PP Bogor Segel Eks Bioskop Presiden

M. Sholihin - detikNews
Jumat, 07 Jan 2022 15:56 WIB
Eks Bioskop Presiden disegel Satpol PP Kota Bogor
Eks Bioskop Presiden di Kota Bogor. (Foto: M. Sholihin/detikcom)
Bogor -

Petugas Satpol PP menyegel eks gedung Presiden Teater atau dikenal dengan sebutan Bioskop Presiden yang berlokasi di Jalan Merdeka, Kota Bogor. Bioskop yang pernah jaya di era 90-an itu disegel karena dianggap tidak sesuai dengan peruntukannya.

Kabid Penegakan Produk Hukum Daerah pada Satpol PP Kota Bogor Asep Setia Permana mengatakan penyegelan dilakukan karena lahan parkir di gedung eks Bioskop Presiden sengaja disewakan untuk para pedagang kaki lima (PKL). "Karena adanya ketidaksesuaian peruntukan kegiatan usaha yang ada di lahan parkir gedung Presiden Teater dipakai usaha lain, yakni disewakan untuk jadi lapak PKL," tutur Asep, Jumat (7/1/2022).

Bioskop Presiden Teater merupakan salah satu bioskop yang sempat menjadi idola masyarakat Bogor pada tahun 80-an. Harga tiket yang murah serta dekat dengan pusat keramaian, yakni terminal angkot Merdeka, Pasar Anyar dan Stasiun Bogor, membuat bioskop ini tidak pernah sepi di masanya.

Namun bioskop ini kemudian meredup hingga berhenti beroperasi. Selama tidak beroperasi, gedung itu menjadi gedung tua yang tidak terurus. Hingga akhirnya dijadikan area berdagang para PKL.

"Kalau gedungnya memang sudah ada sejak lama, tapi kalau bicara soal Presiden Teater itu mulai 1986-1987 lah. Bioskop Presiden tutup tahun 2000an, ya pas udah kena moneter-moneter itu," kata Herman, warga Bogor.

Pantauan detikcom, gedung eks bioskop yang pernah jaya di era 90-an itu memang nampak sudah lusuh. Cat dindingnya juga sudah memudar dan banyak coretan tidak jelas. Sisa-sisa tali plastik bekas ikatan spanduk liar dan tenda pedagang kaki lima juga menghiasi bagian depan gedung yang awalnya bernama 'MAXIM' itu.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT