Siapa Pemilik Bangkai Pesawat yang Berserakan di Lahan Kosong Bogor?

M. Sholihin - detikNews
Rabu, 05 Jan 2022 15:40 WIB
Bangkai Pesawat di Bogor
Foto: Bangkai pesawat di Bogor (M. Sholihin/detikcom).
Bogor - Beberapa bangkai pesawat berserakan di lahan kosong yang berlokasi di Jalan Raya Parung-Bogor, Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor. Siapa sosok pemilik bangkai pesawat tersebut?

"Itu milik pihak ketiga, yang dalam hal ini membeli pesawat-pesawat yang tidak terpakai, seperti itu kira-kira. Itu milik perorangan, enggak ada pihak pemerintah, itu punya pengusaha besi tua, namanya H. Tedi," kata Kepala Desa Pondok Udik Entis Sutisna kepada detikcom, Rabu (5/1/2022).

Entis menyebut lahan yang dijadikan gudang bangkai pesawat itu telah ada sejak 2019. Pemilik, kata Entis, menyewa lahan itu dan menjadikannya sebagai gudang bangkai pesawat.

"Itu sudah sejak 2019 ya, lahannya ngontrak, kalau enggak salah itu 10 tahun, tetapi dibagi dua termin, pertama 5 tahun kemudian dilanjutkan 5 tahun lagi. Izinnya memang untuk gudang. Memang pernah juga itu mengajukan perubahan izin peruntukan, katanya buat resto atau apa gitu menggunakan eks pesawat itu jadi tempat makan dan sebagainya. Tapi saya belum ijinkan karena itu kan awalnya untuk gudang eks pesawat," ucap Entis.

Beberapa bangkai pesawat membuat heboh warga dan pengguna jalan di Bogor. Puluhan bangkai pesawat itu nampak berserakan di lahan kosong yang berada di pinggir Jalan Raya Parung-Bogor, Tepatnya di Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor.

Pantauan detikcom, tumpukan pesawat itu berada di lahan kosong yang luasnya diperkirakan mencapai 1 hektar. Lahan kosong berisi tumpukan pesawat itu dibatasi tembok dan pagar besi. Beberapa pesawat nampak sudah terpotong dan menyisakan bagian depannya.

Namun beberapa nampak masih utuh dan lengkap dengan bagian sayap pesawat yang masih terpasang. Potongan pesawat juga nampak sengaja dipasang di bagian atap bangunan seperti hanggar.

detikcom juga sempat mendatangi gudang lainnya yang digunakan untuk penyimpanan bagian pesawat lainnya. Lokasinya pun masih berada di Jalan Raya Parung-Bogor. Namun di gudang ini tidak berisi bangkai pesawat, melainkan interior pesawat.

Di lokasi kedua, nampak ratusan kursi pesawat yang sudah dibersihkan dan disusun rapi di dalam gudang. Gudang ini, disebut merupakan milik orang yang sama dengan pemilik gudang berisi bangkai pesawat di Desa Pondok Udik, Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor.

"Kalau disini cuma bagian dalam pesawatnya, kalau yang di Kemang sana itu pesawatnya," kata seorang pegawai yang enggan menyebut namanya itu.

"Maaf, Pak, yang punya lagi di luar, jadi nanti saja ngobrol sama pemiliknya langsung," tambah pegawai itu. (mso/mso)