Arus Balik Libur Nataru, Kawasan Nagreg-Cileunyi Padat

Wisma Putra - detikNews
Minggu, 02 Jan 2022 22:35 WIB
Kondisi arus lalu lintas di kawasan Nagreg-Cileunyi.
Foto: Kondisi arus lalu lintas di kawasan Nagreg-Cileunyi (Wisma Putra/detikcom).
Kabupaten Bandung -

Puncak arus balik libur Nataru terjadi di jalur selatan Nagreg-Cileunyi, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Sejumlah kendaraan memadati ruas jalan tersebut.

Pantauan detikcom, Minggu (2/1/2022) terjadi pelambatan arus lalu lintas saat kendaraan dari arah Garut keluar di Lingkar Barat Nagreg. Pelambatan itu terjadi karena ada bottle neck atau penyempitan jalur.

Tak hanya di Lingkar Barat Nagreg, pelambatan arus lalu lintas juga terjadi menuju pintu Tol Cileunyi. Terminal bayangan dan pembangunan Simpang Susun Cileunyi yang belum rampung juga menjadi salah satu hambatan di titik tersebut.

Volume kendaraan di jalur tersebut meningkat karena kendaraan dari arah Limbangan dan Leles Garut diberlakukan sistem one way. Hal itu dilakukan agar kendaraan dari arah selatan terus terkuras.

Kasat Lantas Polresta Bandung Kompol Rislam memimpin langsung pengaturan arus lalu lintas dari arah Nagreg menuju Cileunyi. Pihaknya menyiagakan puluhan anggota Satlantas Polresta Bandung disepanjang jalur tersebut.

"Tepatnya Lingkar Barat Nagreg, di sini kita bisa pantau arus lalu lintas bagaimana ada peningkatan. Kita bisa lihat, ada peningkatan arus kiriman dari Limbangan dan Leles karena teman-teman kita melakukan pengurasan di Limbangan dan Leles otomatis kita juga melakukan pencairan terus supaya tidak ada hambatan," kata Rislam di Pos PAM Lingkar Barat Nagreg kepada detikcom.

Rislam mengungkapkan, meski terjadi kepadatan pihaknya mengupayakan agar roda kendaraan terus berputar dan tidak terjadi kepadatan yang cukup parah.

"Kita lihat situasi ramai, cukup padat, tapi roda terus berputar karena kita sudah menyiagakan personil di titik-titik senjata dan sumbatan sampai underpass Cileunyi karena di sana ada bottle neck agar tidak ada hambatan, kita terus penarikan," ungkapnya.

Selain itu, pengaturan kendaraan juga dilakukan di terminal bayangan. "Di Cileunyi ada terminal bayangan, kita lakukan CB pagar betis, kita pasang traffic con supaya tidak ada yang berhenti," ujarnya.

Rislam menyebut sesuai prediksi puncak arus balik libur Nataru di jalur selatan terjadi malam ini. Seperti diketahui, besok warga harus kembali bekerja.

"Betul, prediksi dari awal puncak arus balik di hari ini, karena hari ini operasi terakhir Nataru. Sesuai perintah Bapak Kapolresta kita diperintahkan menggelar personil secara maksimal, baik personil di lapangan dan staf, digelar dan simpulnya bisa mengurai menghambat arus lalu lintas," ucapnya.

Hingga Pukul 22.00 WIB, personel Satlantas Polresta Bandung masih melakukan pengaturan arus lalu lintas. Upaya tersebut terus dilakukan agar tidak terjadi kepadatan bahkan kemacetan di jalur tersebut.

"Seperti apapun kiriman kendaraan dari Garut dan Nagreg kita upayakan roda terus berputar langsung ke Gate Tol Cileunyi," tambahnya.

Untuk kendaraan yang melintas di jalur selatan Nagreg-Cielunyi bervariatif, dari mulai pelat Bandung Raya hingga luar kota.

"Variatif kalau dilihat dari Lingkar Nagreg ada pelat B, pelat E bahkan pelat Z, dia akan pecah di underpass Cileunyi jika masuk tol ke kiri dan bila mengarah ke Kota Bandung akan lurus ke Cibiru dan Soekarno-Hatta, Kota Bandung," terangnya.

Pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap mematuhi rambu-rambu lalu lintas dan ikuti arahan petugas. Juga Tetap jaga prokes yang sangat ketat.

"Tetap berhati-hati, tidak usah buru-buru, tidak udah ugal-ugalan, misalkan ada petugas disepanjamg jalur ikuti apa kata petugas demi kepentingan kita bersama bisar sampai selamat sehingga semua bisa selamat sampai rumah dan tegap paruho protokol kesehatan karena kita masih dalam situasi pandemi COVID-19," ujarnya.

(wip/mso)