Resmikan Alun-alun Kota Bogor, Ridwan Kamil: Membahagiakan Warga

M. Sholihin - detikNews
Jumat, 17 Des 2021 18:53 WIB
Alun-alun Kota Bogor
Alun-alun Kota Bogor (Foto: dok.Pemkot Bogor)
Bogor -

Kota Bogor kini resmi memiliki alun-alun. Ruang terbuka di pusat kota yang terintegrasi Stasiun Bogor dan Masjid Agung ini berlokasi di Jalan Kapten Muslihat, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Peresmian dilakukan langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil didampingi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto dan Wakil Wali Kota Dedie A Rachim, Jumat (17/12/2021).

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, dalam sambutannya mengatakan, hadirnya Alun-alun Kota Bogor adalah ciri yang menjadikan Kota Bogor sebagai kota yang sangat maju. Alun-alun, kata Emil, adalah ruang keluarga dan tempat semua orang dati berbagai kalangan berkumpul.

"Esensi alun-alun Kota Bogor adalah ruang keluarga bagi warga Kota Bogor. Selain itu juga sebagai ruang demokrasi yang mengizinkan siapa pun boleh berkumpul tanpa melihat latar belakang ataupun batasan, sehingga ini mengekspresikan ruang bersama," kata Emil dalam sambutannya.

"Di alun-alun siapa saja bisa dan boleh berbahagia. Berbeda kalau ke mal, kadang-kadang hanya bagi yang punya uang. Itu konsepnya," ucap Emil menambahkan.

Kehadiran alun-alun, lanjutnya, membuat warga bisa berkumpul, membahagiakan anak dan keluarga tanpa mengeluarkan biaya yang mahal. "Makin banyak taman atau alun-alun bisa membahagiakan warga dan menghemat ekonomi," kata Emil.

Oksigen Jiwa

Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan,peresmian alun-alun Kota Bogor merupakan hari bersejarah bagi warga dan Kota Bogor, sekaligus menandakan bersatunya kembali dua elemen bersejarah yang sudah satu abad lebih terpisah, yaitu Stasiun Bogor dengan Taman Wilhelmina yang kemudian diberi nama Alun-Alun Kota Bogor.

"Tanpa sentuhan tangan, niat baik dan kebijakan dari Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Alun-alun Kota Bogor tidak akan terwujud. Atas nama warga Kota Bogor, yang selalu merindukan Kota Bogor seperti dulu, yang selalu mendambakan harmoni Kota Bogor terjaga selalu, kami menyampaikan terima kasih kepada bapak gubernur dan seluruh dinas yang terkait," tuturnya.

"Ini tidak hanya mempercantik kota dan menyatukan dua elemen yang sudah lama tidak bersua, tetapi ini adalah ikhtiar kita dalam membangun kebersamaan warga, karena taman adalah oksigen jiwa," kata Bima menambahkan.

Peresmian Alun-alun Kota Bogor juga dirangkai penandatangan nota kesepahaman antara Pemkot Bogor dengan PT KAI tentang pengembangan perkeretaapian perkotaan di Bogor sekaligus peluncuran kartu multi trip spesial Bogor. "Kami berharap Stasiun Bogor dan Alun-Alun Kota Bogor menjadi ikon atau landmark baru Kota Bogor yang memiliki nilai budaya dan berkembang yang mendukung aktivitas warga," ujar Dirut PT KAI Didiek Hartantyo.

(bbn/bbn)