Ridwan Kamil Sebut Mendiang Walkot Bandung Oded Sahabat Terbaiknya

Wisma Putra, Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 10 Des 2021 15:37 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung Oded M Danial
Foto: Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan Wali Kota Bandung Oded M Danial (dok.Humas Pemkot Bandung).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berduka atas kepulangan Wali Kota Bandung Oded M Danial. Diketahui, Oded meninggal di masjid.

"Innalillahi wainnailaihi rajiun. Telah berpulang sahabat terbaik saya Wali Kota Bandung KH Oded M Danial," ucap Kang Emil sapaannya dalam unggahan di Instagram pribadinya sebagaimana dilihat detikcom pada Jumat (10/12/2021).

Oded meninggal dunia saat hendak menunaikan ibadah salat Jumat. Dia meninggal di Masjid Mujahidin Muhammadiyah karena sakit jantung. Dia datang ke masjid itu untuk menjadi penceramah.

"Almarhum berpulang saat melaksanakan Shalat Tahiyatul Masjid menjelang tugasnya menjadi Khatib Jumat," tuturnya.

"Rasa duka cita yang sangat mendalam atas kepulangan almarhum. Insya Allah husnulkhatimah dan semoga keluarga yang ditinggalkan diberi kekuatan dan kesabaran," kata Kang Emil.

Jenazah Oded disalatkan di Pendopo, Kota Bandung. Sejumlah pejabat dan kerabat ikut hadir menyalatkan dan mendoakan almarhum. Oded meninggal di usia 59 tahun.

Selain sebagai sahabat, pria yang akrab disapa Kang Emil juga menyebut Oded seperti orang tua baginya. Pasalnya, kata dia, Oded kerap memberi banyak nasihat.

"Ya nasihat-nasihat, Mang Oded mah kaya ortu buat saya," kata Kang Emil.

Kang Emil mengingat, banyak nasihat yang diberikan baik selama menjabat sebagai Wali Kota Bandung atau Gubernur Jabar.

"Jadi 90 persen kebersamaan. Nasihat-nasihat, makanya Allah berikan kelancaran, saya gubnernur, beliau walkot, dua-duanya saling mendukung dan menghormati," ungkap.

Kang Emil juga kembali mengingat kebersamaan bersama Mang Oded, sejak menjadi Wali Kota Bandung. "Saya 5 tahun bersama-sama sebagai sahabat menyaksikan kebaikan, kesalehan almarhum dan sangat-sangat kehilangan," ujarnya.

"Saya meyakini Insya Allah husnulkhatimah dan keluarga Umi (Istri Oded) dan anak-anak semua semoga diberi kesabaran dan kekuatan," pungkasnya.

Video 'Wali Kota Bandung Oded M Danial Tutup Usia':

[Gambas:Video 20detik]



(dir/mso)