Forum Ponpes Kota Bandung Mengutuk Keras Guru yang Perkosa 12 Santriwati

Yudha Maulana - detikNews
Kamis, 09 Des 2021 10:39 WIB
Poster
Ilustrasi kasus kejahatan seksual (Ilustrator: Edi Wahyono/detikcom)
Bandung -

Ketua Forum Pondok Pesantren Kota Bandung KH Aceng Dudung mengutuk keras pemerkosa 12 santriwati. Ia menyampaikan rasa empati kepada korban, sekaligus mendorong agar pelaku kejahatan seksual ini dihukum seberat mungkin.

"Saya mengutuk keras atas oknum pesantren yang melakukan pelecehan seksual terhadap santriwati," ujar Aceng saat dihubungi detikcom, Kamis (9/12/2021).

Aceng mengungkapkan gelagat dari pelaku bernama Herry Wirawan (36). Herry ini pimpinan Pesantren Tahfidz Madani yang berlokasi di kawasan Cibiru, Kota Bandung.

Menurut Aceng, Herry kerap mengaku-ngaku sebagai pimpinan atau pengurus dari Forum Pondok Pesantren Bandung dan Jawa Barat. "Jadi begini yang sebenarnya, saya tidak tahu dari mana dia (pelaku) asal muasalnya. Tapi yang jelas oknum tersebut sebagai penunggu sekaligus pengelola rumah tahfidz di daerah Antapani. Mengurus santri kurang lebih 30. Menurut pengetahuan pak haji, dia itu sebagai pokja, tapi suka mengaku-ngaku pimpinan,"

Aceng menduga, Herry mengaku sebagai pimpinan forum untuk memudahkan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan. "Ya untuk memudahkan komunikasi, bahkan mengaku juga sebagai pengurus forum ponpes di Jabar. Saya minta pelaku dihukum seberat mungkin," katanya.

Dari fakta persidangan digelar di PN Bandung, pelaku kerap menjadikan anak-anak yang dilahirkan korban sebagai alat untuk meminta dana ke sejumlah pihak. Hal itu disampaikan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK).

"Saya juga berempati kepada santriwati dan mengutuk keras oknum tersebut. Kepada masyarakat terutama orang tua agar waspada, saya merasa prihatin terhadap kejadian ini, terutama masyarakat yang sudah begitu baik mengamanahkan kepada pesantren. Tapi sekali lagi, kasus ini jarang sekali terjadi," tutur Aceng.

Rencananya, ujar dia, forum pondok pesantren bersama Kementerian Agama perwakilan daerah akan melakukan pertemuan untuk membahas hal ini. "Termasuk pembinaan," kata Aceng.

Simak Video 'Kasus Guru Perkosa Santriwati di Bandung, Total 9 Bayi Lahir Akibat Ulahnya':

[Gambas:Video 20detik]



(yum/bbn)