Anis Matta Dorong Ponpes Jadi Basis Pembangunan Identitas Nasional

Ismet Slamet - detikNews
Jumat, 03 Des 2021 20:06 WIB
Anis Matta dorong pesantren menjadi basis pembangunan nasional
Anis Matta dorong pesantren menjadi basis pembangunan nasional (Foto: Istimewa)
Cianjur -

Ketua Umum Partai Gelora Indonesia Anis Matta mengunjungi pondok pesantren di Kabupaten Cianjur. Anis mendorong pesantren menjadi basis pembangunan identitas dan solidaritas untuk nation building Indonesia.

Dalam kunjungannya ke Cianjur, Anis mendatangi Pesantren Gelar, Ponpes yang telah berdiri sebelum Indonesia merdeka. Ia juga memberikan bantuan berupa buku hingga laptop untuk sarana belajar.

Anis menjelaskan bahwa pesantren telah memainkan peran yang penting itu. Selain menjadi tempat menimba ilmu, pesantren juga berperan membangun identitas dan solidaritas.

"Kini, saatnya pesantren berinteraksi dengan dunia seluas-luasnya, terutama di era internet ini," katanya, Jumat (3/12/2021).

Dengan demikian, lanjut Anis, pesantren diharapkan akan melahirkan manusia Indonesia masa depan yang religius, berpengetahuan, dan sejahtera.

"Saya percaya dengan bimbingan para kiai dan guru-guru kita di seluruh pesantren menjadi pintu yang membawa Indonesia menjadi kekuatan utama dunia," terangnya.

Selain berkunjung ke pesantren, Anis Matta juga mengunjungi sentra kerajinan tangan UMKM yakni lampu Gentur di Warungkondang dan pembuatan tauco di Gunung Lanjung Cangklek.

Ia mengatakan, saat ini pihaknya fokus menawarkan harapan baru jembatan bagi warga melalui keumatan dan usaha mikro, kecil, dan menengah.

Anis bercita-cita membawa Indonesia menjadi negara lima besar dunia dengan menggerakan semua elemen warga melalui semangat kolaborasi.

"Saya ingin menjadikan rakyat Indonesia mempunyai kekuatan kebangkitan baru melewati krisis, karena itu kita perlu menggali ilham dari sumber Islam untuk mendapatkan inspirasi bagaimana menghadapi krisis ini," katanya.

Ketua DPW Partai Gelora Jabar Haris Yuliana, mengatakan saat ini kunjungan ketua umum ke beberapa daerah tidak lain untuk menyerap aspirasi masyarakat.

"Kita dengarkan semua keluh kesah masyarakat, nanti kita akan carikan solusinya, " katanya.

"Khusus untuk UMKM, berkomitmen akan menaikan kelas para pelaku UMKM. Kita akan memperkuat bidang UMKM di masyarakat, sehingga ke depan para pelaku UMKM ini bisa lebih berjaya," tambahnya.

(mud/mud)