6 Rumah Warga di Lebak Rusak Terdampak Pergerakan Tanah

Rifat Alhamidi - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 16:13 WIB
6 rumah di Lebak rusak terdampak pergerakan tanah
6 rumah di Lebak rusak terdampak pergerakan tanah (Foto: Istimewa)
Lebak -

Enam rumah warga di Kecamatan Cibeber, Lebak, Banten rusak terkena pergeseran tanah. Dua diantaranya bahkan rata dengan tanah imbas fenomena tersebut.

Informasi yang diperoleh, peristiwa ini terjadi di Kampung Cikoba, Desa Cikotok, Lebak tadi pagi. Tercatat, lima KK harus kehilangan tempat tinggalnya dan kini diungsikan sementara ke musala terdekat.

"Ada enam rumah yang terdampak, dua diantaranya hancur dan kini rata dengan tanah," kata relawan BPDB Lebak Sukarman saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (30/11/2021).

Ia menyebut, fenomena pergerakan tanah awaknya hanya menyebabkan rumah warga mengalami retak-retak. Namun karena intensitas hujan yang tinggi beberapa hari lalu, pergeseran tanah menjadi semakin parah.

"Tanah bergerak sudah sejak hari Minggu (28/11) kemarin, namun karena hujan terus yang mengguyur wilayah selatan selama 3 hari telah menyebabkan pergerakan makin parah. Hari ini ada dua rumah yang amblas dan rata dengan tanah," ungkapnya.

Rencananya, warga yang rumahnya sudah hancur oleh pergeseran tanah akan diungsikan ke gedung eks tambang Cikotok. Mereka sementara akan ditempatkan di sana sampai situasinya jadi lebih aman.

"Sekarang ini warga diungsikannya ke Mushola, tapi itu kan hanya bisa sementara satu dua hari saja. Sementara rumah mereka hancur, sehingga sekarang kita lagi koordinasikan untuk menggunakan rumah dinas eks tambang Cikotok sebagai tempat evakuasi rumah warga," pungkasnya.

(mud/mud)