Jelang Akhir Tahun, BPBD Banten Perkuat Mitigasi Bencana di Pandeglang-Lebak

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Selasa, 30 Nov 2021 13:51 WIB
mengakut korban dengan pesawat
Foto: Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom).
Serang -

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Banten meminta penguatan mitigasi bencana khususnya jelang akhir tahun di wilayah Pandeglang-Lebak. Daerah itu masuk klasifikasi rawan bencana longsor dan banjir selama musim hujan.

"Pada saat ini untuk kondisi hujan banjir dan longsor fokus kita memang pengalaman kemarin di Lebak dan Pandeglang. (Tapi) banjir sebetulnya merata di kabupaten kota tapi intensitas dan penyebab serta dampaknya berbeda," kata Kepala Pelaksanan BPBD Banten Nana Suryana di Serang, Selasa (30/11/2021).

Untuk dua daerah tersebut, intensitas bencana dinilai cukup tinggi dan memiliki dampak yang luas. Meskipun daerah lain seperti Tangerang, Serang, Kota Serang atau Cilegon sering banjir, tapi itu bisa surut cepat karena disebabkan genangan.

Makanya, untuk di wilayah kota, jika ada potensi pohon tumbang karena puting beliung, mitigasi petugas sudah dilakukan dengan penebangan dahan-dahan pohon. Informasi ini disampaikan agar sampai ke telinga petugas tingkat kecamatan. Bahkan, peralatan dari BPBD Banten sudah dikirim ke Pandeglang sebagai antisipasi dini.

"Di Labuan (kecamatan di Pandeglang) itu sudah meluap kemarin akibat memang hujan yang terus menerus di Pandeglang, kalau dibutuhkan personel kita siap pantau terus," terangnya.

Pihaknya juga terus meminta informasi ke BMKG terkait potensi hujan lebat di beberapa daerah. Ada beberapa tempat memang mengalami longsor dan banjir di Lebak dan Pandeglang di pekan kemarin namun tidak ada kerusakan signifikan.

"Jadi tolong bantu untuk mensosialisasikan (mitigasi) kepada masyarakat," pungkasnya.

(bri/mso)