RK Tegur Kadis LH Gegara Operasional TPA Sarimukti Sempat Terganggu

ADVERTISEMENT

RK Tegur Kadis LH Gegara Operasional TPA Sarimukti Sempat Terganggu

Wisma Putra - detikNews
Jumat, 12 Nov 2021 09:16 WIB
Gubernur Jabar Ridwan Kamil
Gubernur Jabar Ridwan Kamil (Foto: Yudha Maulana/detikcom).
Bandung -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil pastikan pelayanan pengangkutan sampah Bandung Raya ke TPA Sarimukti yang berada di Kabupaten Bandung Barat sudah kembali normal.

"Itu sudah normal lagi, hanya masalah ada anggaran untuk sampah Sarimukti yang kena refocusing, sudah saya tegur bahwa urusan rutin tidak boleh terganggu," kata dia, Jumat (12/11/2021).

Pria yang akrab disapa Kang Emil mengaku sudah berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jawa Barat untuk menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Bayar listrik, bayar satpam, urusan bensin tidak boleh terganggu, jadi sudah diperbaiki dan sekarang saya minta untuk dipenuhi," ujarnya.

Saat disinggung terkait, TPA Sarimukti tidak akan beroperasi di hari Sabtu dan Minggu, Kang Emil belum mengetahui informasi tersebut.

Kang Emil kembali tegaskan, jika urusan rutin, seperti pembuangan sampah ke TPA Sarimukti jangan sampai terganggu.

"Nah saya kira belum ada laporan untuk Sabtu-Minggu, yang penting urusan sampah tidak boleh terganggu karena itu urusan rutin," tuturnya.

Dia menyatakan telah menegur Kepal DLH Jabar. Pasalnya penanganan sampah berada di bawah kewenangan dinas tersebut.

"Sudah saya tegur kepala dinasnya, karena kewenangannya ada di Dinas LH Jawa Barat," ujar Kang Emil.

Diberitakan sebelumnya, pengiriman sampah ke TPA (tempat pembuangan akhir) Sarimukti, Kabupaten Bandung Barat terganggu. Hal itu imbas dari habisnya bahan bakar minyak (BBM) untuk alat berat di lokasi TPA.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bandung Dudy Prayudi mengatakan sampah-sampah yang berada di tempat pembuangan sementara (TPS) belum bisa terangkut ke TPA.

"Iya ada dampaknya, saat ini sampah yang ada di TPS belum bisa terangkut ke TPA," ujar Dudy saat dikonfirmasi detikcom, Sabtu (6/11/2021).

Dihubungi terpisah, Kemitraan TPA Sarimukti Heri S Wangsa Prawira mengatakan tersendatnya distribusi BBM ini membuat alat-alat berat di TPA Sarimukti tak bisa beroperasi. Dia menyebut kondisi tersebut telah berlangsung sejak Jumat (5/11/2021) kemarin.

"Maksudnya ditutup ini bukan ditutup dengan sengaja, tapi kan kalau operasional tanpa alat berat kan jadinya tidak karuan. Kedua mungkin ada keterlambatan juga dalam jam, jalan provinsi sedang diperbaiki juga di Cipatat," ucap Heri.

"Berdasarkan informasi dari pimpinan dari pak Heri, BBM akan diluncurkan. Iya dari kemarin sampai sekarang, penutupan itu bukan semata-mata disengaja tapi dengan adanya situasi kondisi di lapangan," katanya melanjutkan.

Kepala DLH Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtyas mengatakan saat ini pihaknya masih memproses distribusi BBM ke TPA Sarimukti. "Tidak tutup (TPA Sarimukti), menunggu BBM lagi dalam proses," ujarnya singkat.

Lihat juga video 'RK Pamer Sungai Citarum di COP26: Dulu Ikan Hilang, Kini Terlihat':

[Gambas:Video 20detik]



(wip/mso)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT