Polisi Pastikan Tak Ada Keterlibatan Banpol di Kasus Pembunuhan Subang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Selasa, 09 Nov 2021 09:55 WIB
Tim Bareskrim mendatangi TKP pembunuhan sadis di Subang
TKP pembunuhan ibu-anak di Subang (Foto: Dian Firmansyah/detikcom).
Bandung -

Polisi memastikan tidak ada keterlibatan bantuan polisi (banpol) dalam perkara pembunuhan ibu dan anak di Subang. Isu Banpol ini awalnya diembuskan oleh Muhammad Ramdanu alias Danu yang mengaku disuruh Banpol masuk ke TKP dan membersihkan bak mandi.

"Tidak ada itu," ucap Kabid Humas Polda Jabar Kombes Erdi A Chaniago saat dikonfirmasi, Selasa (9/11/2021).

Erdi menegaskan area TKP merupakan ranah dari penyidik. Dibuka atau ditutupnya area TKP merupakan kewenangan dari penyidik.

"Enggak ada. TKP itu dibuka dan ditutup oleh petugas. Jadi tidak ada Banpol untuk membuka-buka itu tidak ada," kata dia.

Sebelumnya, isu Banpol ini dihembuskan oleh Danu salah satu kerabat korban pembunuhan di Subang. Danu mengaku sehari setelah penemuan mayat korban diminta menjaga TKP oleh anak pertama korban.

Di saat dia berjaga, Danu melalui kuasa hukumnya Achmad Taufan mengaku ada oknum Banpol yang meminta Danu masuk ke TKP untuk membersihkan bak kamar mandi. Di bak itupun ditemukan gunting dan cutter.

Isu Banpol juga sebelumnya sempat diragukan oleh Rohman Hidayat kuasa hukum Yosep, suami sekaligus ayah korban.

"Saya sampai saat ini belum memiliki data yang akurat terkait Banpol. Apakah itu benar ada atau rekayasanya Danu," ucap Rohman saat ditemui di Pengadilan Negeri (PN) Bandung, Jalan LLRE Martadinata, Kota Bandung pada Jumat (5/11/2021).

Rohman menuturkan isu Banpol baru muncul belakangan ini usai Danu diperiksa oleh penyidik. Melalui kuasa hukumnya, Danu disebut diminta oknum Banpol untuk membersihkan bak mandi rumah Yosep hingga menemukan gunting dan cutter dalam bak.

Rohman menyebut selama mendampingi kliennya diperiksa belasan kali, belum ada keterangan soal Banpol ini. Sehingga, dia menuding Danu mengarang cerita soal Banpol ini.

"Jadi saya melihat begini, sepanjang 23 Agustus sampai hari ini mendampingi (Yosep), isu Banpol ini baru muncul akhir-akhir ini. Jadi mamanya siapa, orang mana, apakah itu ada, saya belum tahu. Tapi saya melihat bisa saja Danu mengarang cerita itu," ujar dia.

(dir/mso)