Sosok Banpol 'Misterius' di Kasus Pembunuhan Ibu-Anak Subang

Dony Indra Ramadhan - detikNews
Jumat, 05 Nov 2021 14:17 WIB
Tim Bareskrim mendatangi TKP pembunuhan sadis di Subang
Tim Bareskrim mendatangi TKP pembunuhan sadis di Subang, beberapa waktu lalu. (Foto: Dian Firmansyah/detikcom)
Subang -

Muhammad Ramdanu alias Danu mengungkap dua orang mengaku sebagai Bantuan Polisi (Banpol) di tempat kejadian perkara (TKP) kasus pembunuhan ibu-anak di Subang, Jawa Barat. Hal menjadi tanda tanya ialah peran sang Banpol yang menyuruh Danu membersihkan bak kamar mandi di TKP tersebut. Siapa sosok Banpol 'misterius' itu?

Danu merupakan kerabat korban. Sekadar diketahui, mayat ibu-anak bersimbah darah dalam bagasi mobil di halaman rumahnya, kawasan Jalan Cagak, Kabupaten Subang, Rabu (18/8). Identitas keduanya yaitu Tuti Suhartini (55) dan anaknya, Amalia Mustika Ratu alias Amel (23).

"Yang harus ditelusuri itu Banpol, dasarnya apa, tujuannya apa dan siapa yang menyuruh, karena kunci (rumah TKP) kan dia (Banpol) yang bawa," ujar Achmad Taufan, kuasa hukum Danu, saat dihubungi via sambungan telepon, Jumat (5/11/2021).

Taufan menjelaskan kliennya tidak terlalu kenal dengan sosok dua Banpol yang disebut-sebut berasal dari Polsek Jalancagak itu. Namun, kata dia, beberapa warga setempat mengenal Banpol yang datang ke TKP pembunuhan ibu-anak tersebut.

"Danu tidak terlalu kenal, tapi semua orang tahu," ucapnya.

"Dia ini Banpol di Jalancagak, ada dua Banpol. Dia yang ngajak Danu bersihkan bak," kata Taufan menambahkan.

Soal siapa sosok Banpol tersebut, Taufan menuturkan pihaknya tidak mengetahui secara jelas. Namun diduga dua pria Banpol 'misterius' ini bukan anggota Polri.

"Kelihatannya bukan anggota Polri, tapi memang difungsikan untuk bantu Polisi," ujar Taufan.