Pelajar Kota Banjar Tenggelam di Pantai Karapyak Pangandaran

Faizal Amiruddin - detikNews
Senin, 01 Nov 2021 08:54 WIB
Ilustrasi
Ilustrasi orang tenggelam (Foto: Thinkstock)
Pangandaran -

Tim SAR gabungan dari berbagai instansi mencari korban hilang akibat tenggelam di Pantai Karapyak, Kabupaten Pangandaran. Korban bernama Muhammad Usamah Salahudin, seorang pelajar berusia 13 tahun asal Kecamatan Pataruman, Kota Banjar.

"Tim SAR gabungan melanjutkan pencarian keberadaan korban pagi ini. Mudah-mudahan bisa segera ditemukan," kata Kepala Satuan Polisi Perairan dan Udara Pangandaran AKP Sugianto, Senin (1/11/2021).

Kecelakaan tersebut terjadi pada Minggu (31/10/2021) petang. Saat itu korban bersama keluarganya berwisata ke pantai Karapyak. Bersama saudaranya, Jakariah Fajar (9), korban kemudian bermain ke tepi pantai. Sementara orang tuanya melaksanakan ibadah salat zuhur.

Saat hendak berenang ke pantai, kedua anak itu sempat diperingatkan oleh Riki (30), salah seorang pedagang di Pantai Karapyak. Namun peringatan itu tidak digubris oleh kedua korban, mereka tetap bermain ke tengah.

Tak lama berselang, Riki dan warga lain melihat kedua korban melambaikan tangan dalam kondisi tergulung ombak. Tangannya diangkat seperti meminta pertolongan.

Saat itu juga Sahyu (34), salah satu nelayan, langsung berlari sambil membawa pelampung untuk menyelamatkan kedua korban yang posisinya berada sekitar 100 meter dari bibir pantai. Sahyu berhasil menyelamatkan Fajar yang saat itu masih sadarkan diri. Dia selamat setelah meraih pelampung yang diberikan Sahyu.

Sementara Usamah saat itu sempat terlihat dalam posisi telungkup dan langsung tergulung ombak kembali. Fajar berhasil diselamatkan, namun Usamah masih dinyatakan hilang.